Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ultah Ayahnya Tanpa Upacara Militer, Kim Jong Un Hanya Letakkan Karangan Bunga di Patungnya

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, merayakan ulang tahun ayahnya, Kim Jong Il, tanpa upacara militer, hanya letakkan karangan bunga di patungnya

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Ultah Ayahnya Tanpa Upacara Militer, Kim Jong Un Hanya Letakkan Karangan Bunga di Patungnya
AFP PHOTO/KCNA VIA KNS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah) menghadiri pertemuan nasional untuk merayakan ulang tahun ke-80 kelahiran ayahnya, Kim Jong Il, di depan patungnya di Kota Samjiyon, pada Selasa (15/2/2022) dan dirilis KCNA pada Rabu (16/2/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Korea Utara merayakan ulang tahun ke-80 Kim Jong Il, mendiang ayah pemimpin Kim Jong Un, dengan konser musik dan penghormatan senjata di kota suci yang telah direnovasi.

Dilansir dari Channel News Asia, kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, melaporkan Rabu (16/2/2022) bahwa tidak ada peluncuran rudal atau parade militer terkait perayaan ulang tahun ini.

Menurut KCNA, Kim menghadiri pertemuan pejabat pemerintah, militer, dan Partai Buruh yang berkuasa yang berlangsung di depan patung Kim Jong Il di Kota Samjiyon pada Selasa (15/2/2022).

Kim meletakkan bunga di patung itu selama pertemuan itu, tetapi KCNA tidak merilis pernyataannya.

Kantor berita ini menyebutkan, Ri Il Hwan, seorang pejabat senior partai, memberikan pidato yang berjanji untuk menjunjung tinggi mantra kemandirian almarhum.

Baca juga: Istri Kim Jong Un Muncul di Depan Umum Pertama Kalinya setelah 5 Bulan Menghilang

Baca juga: Klaim Berhasil Atasi Masa Sulit 2021, Kim Jong Un Buat Film Dokumenter, Penampilan Barunya Disorot

"Pertemuan itu menunjukkan dengan baik kemauan dan antusiasme para peserta untuk ... membangun surga rakyat yang makmur dengan kemandirian di tanah ini," kata KCNA.

Perayaan juga termasuk penghormatan senjata dan pertunjukan musik, tetapi tidak ada acara militer, seperti yang terjadi di masa lalu.

BERITA TERKAIT

Acara ulang tahun ini menjadi hari libur besar yang disebut Hari Bintang Cemerlang di Korea Utara.

KCNA menyebut kawasan perayaan sebagai "tanah suci revolusi".

Kawasan ini adalah kota pegunungan utara Samjiyon yang berada di dekat perbatasan dengan China dan Gunung Paektu, gunung suci tempat asal leluhur keluarga Kim.

Baca juga: Uji Coba Rudal Korea Utara: Apa yang Diinginkan Kim Jong-un? Ini Kata Analis

Baca juga: Korea Utara Konfirmasi Rentetan Uji Coba Rudal saat Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Senjata

Namun, sangat jarang Korea Utara mengadakan perayaan seperti itu di wilayah terpencil.

Kim Jong Um telah berusaha untuk mengubah kota kecil ini menjadi pusat ekonomi besar-besaran, dengan membangun apartemen baru, hotel, resor ski dan fasilitas komersial, budaya dan medis.

Proyek ini telah menjadi inisiatif utama untuk mendorong ekonomi mandiri di tengah sanksi atas program nuklir dan rudal.

Kim telah melakukan sejumlah kunjungan yang menggembar-gemborkannya sebagai utopia sosialis dan lambang peradaban modern.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas