Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Sebut Ukraina Saudara, Media Barat Dituding Ciptakan Histeria Invasi

Rusia menyebut Ukraina sebagai saudara bagi Rusia dan menuding media barat menciptakan histeria isu invasi yang akan dilakukan Rusia terhadap Ukraina

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Rusia Sebut Ukraina Saudara, Media Barat Dituding Ciptakan Histeria Invasi
AFP/ARIS MESSINIS
Pasukan Ukraina ikut serta dalam latihan militer di luar kota Rivne pada 16 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Rusia menyebut Ukraina sebagai saudara bagi Rusia dan menuding media barat menciptakan histeria isu invasi yang akan dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva seperti yang dilaporkan Kantor Berita Antara pada Kamis (17/2/2022) mengatakan masyarakat Ukraina merupakan saudara bagi Rusia.

Kedua negara memiliki sejarah yang serupa, dan semula merupakan bagian dari negara yang sama selama ratusan tahun.

“Kami melewati tahun 2014-2015 di mana kami membantu jutaan pengungsi dari Ukraina dengan pekerjaan, dana, dan rumah. Ini bukan hanya sekadar perkataan bagi kami, ini adalah kehidupan orang-orang di negara tetangga kami dan kami memiliki tanggung jawab atas mereka,” papar Vorobieva dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Ditengah ketegangan yang meningkat antara kedua negara tersebut, Dubes Rusia mengatakan bahwa masyarakatnya melihat masyarakat Ukraina sebagai saudara.

“Ayah saya pun berasal dari Ukraina, meskipun saya bukan orang Ukraina, jadi ini menunjukkan kedekatan (kedua masyarakat),” ujarnya.

Baca juga: AS dan NATO Bantah Rusia Tarik Mundur Pasukan, Rusia Beri Tanggapan atas Diplomasi dari AS

Vorobieva mengatakan bahwa negara-negara Barat telah mewanti-wanti akan kemungkinan adanya tindakan agresif yang diambil oleh Rusia terhadap Ukraina, sesuatu yang disebutnya tak sesuai dengan kenyataan.

BERITA TERKAIT

“Washington dan London lebih banyak berteriak-teriak soal dugaan niatan kami untuk menyerang Ukraina dan mereka membicarakan ini setiap hari, dan media barat juga melakukan hal yang sama,” ujar Dubes Vorobieva.

Dia mengatakan bahwa hal tersebut menciptakan realitas semu yang tak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi serta membuat histeria di antara masyarakat.

“Perdamaian sangatlah berharga dan tujuan kami satu-satunya adalah untuk menjaga perdamaian itu,” kata Dubes Vorobieva.

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina meningkat ketika Moskow menempatkan sekitar 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, menurut laporan Reuters.

Langkah tersebut dikhawatirkan sebagai upaya Rusia untuk menginvasi Ukraina. Hal tersebut dibantah oleh Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya menuntut adanya perubahan dalam pengaturan keamanan di Eropa, yang mencakup janji bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tak akan pernah mengakui Ukraina sebagai anggota, bahwa rudal tak akan pernah dikerahkan ke dekat perbatasan Rusia, dan bahwa aliansi Barat tersebut akan mengurangi infrastruktur militer.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas