Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Lakukan Invasi ke Ukraina, Perdamaian Telah Terkubur

Presiden Vladimir Putin telah mengerahkan pasukan Rusia yang sebelumnya berada di perbatasan masuk ke wilayah Ukraina.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Lakukan Invasi ke Ukraina, Perdamaian Telah Terkubur
AFP/HANDOUT
Video handout yang diambil dan dirilis pada 20 Februari 2022 oleh Kementerian Situasi Darurat Rusia ini menunjukkan orang-orang yang dievakuasi dari Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri tiba di stasiun kereta api di kota Voronezh. - Wilayah Rusia yang menaiki Ukraina mengumumkan keadaan darurat pada 19 Februari 2022, dengan alasan semakin banyak orang yang datang dari wilayah yang dikuasai separatis di Ukraina setelah mereka menerima perintah evakuasi. (Photo by Handout / RUSSIAN EMERGENCY SITUATIONS MINISTRY / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, LONDON -- Presiden Vladimir Putin telah mengerahkan pasukan Rusia yang sebelumnya berada di perbatasan masuk ke wilayah Ukraina.

Hal ini dianggap oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebagai invasi.

PM Boris Johnson pun langsung memimpin pertemuan tanggap darurat pemerintah atas krisis Ukraina.

Rusia melakukan pengerahan pasukan ke dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur setelah mengakui mereka merdeka pada Senin, mempercepat krisis yang dikhawatirkan Barat dapat memicu perang besar.

Baca juga: Hubungan dengan Rusia Memanas, 10 Maskapai Hentikan Penerbangan ke Ukraina

Melansir Reuters, Selasa (22/2/2022), seorang saksi mata Reuters melihat tank dan perangkat militer lainnya bergerak melalui kota Donetsk yang dikuasai separatis setelah Putin secara resmi mengakui wilayah yang memisahkan diri dan memerintahkan pengerahan pasukan Rusia untuk "menjaga perdamaian".

"Anda dapat menyimpulkan bahwa invasi ke Ukraina telah dimulai," kata Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid kepada Sky News.

"Rusia, Presiden Putin, telah memutuskan untuk menyerang kedaulatan Ukraina dan integritas teritorialnya."

Video handout yang diambil dan dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 16 Februari 2022, menunjukkan jet tempur Su-30SM selama latihan gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarusia sebagai bagian dari inspeksi Pasukan Respons Negara Serikat, di sebuah jarak tembak di dekat Brest. (Photo by Russian Defence Ministry / AFP)
Video handout yang diambil dan dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 16 Februari 2022, menunjukkan jet tempur Su-30SM selama latihan gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarusia sebagai bagian dari inspeksi Pasukan Respons Negara Serikat, di sebuah jarak tembak di dekat Brest. (Photo by Russian Defence Ministry / AFP) (AFP/-)
BERITA REKOMENDASI

"Kami akan memberlakukan sanksi seperti yang kami katakan akan selalu kami lakukan," katanya.

Baca juga: Putin Kerahkan Pasukan Perdamaian ke Ukraina Timur, AS: Rusia Buat Alasan untuk Perang

Inggris telah mengancam akan memotong akses perusahaan Rusia ke dolar AS dan pound Inggris, menghalangi mereka dari meningkatkan modal di London dan untuk mengekspos apa yang disebut Johnson sebagai "boneka Rusia" properti dan kepemilikan perusahaan.

Inggris belum menjelaskan siapa yang akan terkena sanksi, tetapi telah berjanji bahwa tidak akan ada tempat bagi oligarki Rusia untuk bersembunyi. Johnson mengatakan target dapat mencakup bank-bank Rusia.

Javid mengatakan sanksi akan diumumkan dalam sebuah pernyataan kepada parlemen oleh Johnson.

Baca juga: Otoritas AS Disebut Bahas Rencana Evakuasi Zelenskyy dari Ukraina Jika Rusia Menyerang

"Saya yakin bahwa kami akan membuat sanksi itu dengan target mungkin kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional ini," kata Javid.

Tentara Rusia Masuk Ukraina Timur

Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan Rusia untuk “menjaga perdamaian” di dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina Timur, beberapa jam setelah dia mengakui Donetsk dan Luhansk sebagai entitas independen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas