Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Biden Minta DPR AS Setujui Pencairan Bantuan 10 Miliar Dolar Untuk Ukraina

Sementara Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy meminta sanksi yang lebih kuat saat Rusia meningkatkan serangan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Presiden Biden Minta DPR AS Setujui Pencairan Bantuan 10 Miliar Dolar Untuk Ukraina
AFP/SERGEY BOBOK
Foto ini diambil pada 27 Februari 2022 menunjukkan sebuah kendaraan pengangkut personel lapis baja Rusia (APC) terbakar di samping tubuh tentara tak dikenal selama pertempuran dengan angkatan bersenjata Ukraina di Kharkiv. - Pasukan Ukraina mengamankan kendali penuh atas Kharkiv pada 27 Februari 2022 menyusul pertempuran jalanan dengan pasukan Rusia di kota terbesar kedua di negara itu, kata gubernur setempat. (Photo by Sergey BOBOK / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah meminta persetujuan ke DPR AS untuk segera mencairkan dana sebesar 10 miliar dolar AS dalam bentuk bantuan kemanusiaan, militer, dan ekonomi untuk Ukraina,

Hal ini diumumkan oleh Ketua DPR Nancy Pelosi dalam rilis berita Minggu malam seperti dikutip USA Today, Senin (7/3/2022).

"Biden menegaskan bahwa dia tidak akan mengirim pasukan AS untuk berperang di Ukraina, tetapi dana tersebut, yang akan menjadi bagian dari undang-undang pendanaan omnibus pemerintah federal, kemungkinan akan menyediakan peralatan militer dan mendukung sekutu AS yang memasok pesawat ke Ukraina," demikian disebutkan oleh Pelosi dalam rilis tersebut.

Baca juga: Sanksi ke Rusia Berlebihan, Harga Komoditas Bakal Naik ke Level Tertinggi, Begini Analisa Pengamat

Dia juga mengatakan DPR AS sedang menjajaki "undang-undang yang kuat" yang akan melarang impor produk minyak dan energi Rusia ke AS, mencabut hubungan perdagangan normal dengan Rusia dan Belarusia, dan mengambil langkah pertama dalam menolak akses Rusia ke Dunia. Organisasi Perdagangan.

Sementara Presiden Ukraina Volodymir Zelenskyy meminta sanksi yang lebih kuat saat Rusia meningkatkan serangan.

Dengan permintaannya untuk zona larangan terbang di atas Ukraina jatuh di telinga tuli, Presiden Volodymyr Zelensky meminta sanksi yang lebih kuat terhadap Rusia karena penjajah meningkatkan penembakan mereka.

Zelenskyy mengkritik para pemimpin Barat dalam sebuah pernyataan video pada hari Minggu karena tidak menanggapi pengumuman Kementerian Pertahanan Rusia bahwa mereka akan menyerang kompleks industri militer Ukraina.

Baca juga: Cerita Mahasiswa India di Kharkiv saat Digempur Rusia, Sembunyi di Bunker, Minum Air dari Pipa

BERITA REKOMENDASI

Zelenskyy juga memberi tahu karyawan pabrik pertahanan itu untuk tidak pergi bekerja.

“Saya tidak mendengar satu pun pemimpin dunia bereaksi terhadap ini,” kata Zelenskyy.

Kombinasi gambar yang dibuat pada 21 Juli 2021 menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) di Riga, Latvia, pada 16 Oktober 2019; dan Presiden AS Joe Biden berbicara pada 4 Juni 2021, di Pantai Rehoboth, Delaware, Convention Center.
Kombinasi gambar yang dibuat pada 21 Juli 2021 menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) di Riga, Latvia, pada 16 Oktober 2019; dan Presiden AS Joe Biden berbicara pada 4 Juni 2021, di Pantai Rehoboth, Delaware, Convention Center. (AFP)

“Keberanian agresor adalah sinyal yang jelas bagi Barat bahwa sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia tidak cukup.”

Sanksi Barat telah merusak ekonomi Rusia dan menghancurkan rubel, tetapi serangan negara itu terhadap tetangganya terus berlanjut tanpa terpengaruh.

Baca juga: Ukraina Dituding Bakal Meledakkan Reaktor Nuklirnya Sendiri lalu Menuduh Rusia Sebagai Pelaku

Sementara negara-negara anggota NATO yang mendukung Ukraina melawan invasi Rusia mendapatkan “lampu hijau” untuk mengirim jet tempur sebagai bagian dari bantuan militer mereka, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Minggu.

Dorongan untuk lebih banyak dukungan udara datang ketika Rusia menghancurkan serangkaian kota selatan di Ukraina, menghambat upaya evakuasi dan menyebabkan meningkatnya jumlah kematian dan pengungsian warga sipil.

Militer Ukraina telah menggunakan jet tempur, drone, dan sistem anti-pesawat yang sebagian besar dipasok oleh NATO untuk menjatuhkan pesawat Rusia yang mengebom daerah tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas