Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penampilannya Menyita Perhatian Dunia, Zelenskyy Dinobatkan Sebagai Komunikator Perang yang Handal

Penampilan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama invasi Rusia menyita perhatian dunia dan mungkin paling dinanti.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Penampilannya Menyita Perhatian Dunia, Zelenskyy Dinobatkan Sebagai Komunikator Perang yang Handal
AFP/SERGEI SUPINSKY
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa. "Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri saya pesawat!" ujar Zelensky dalam jumpa pers. "Jika kami tidak ada lagi maka, amit-amit, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi berikutnya," katanya. "Percayalah pada saya," tambahnya. AFP/SERGEI SUPINSKY 

TRIBUNNEWS.COM, UKRAINA - Penampilan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy selama invasi Rusia menyita perhatian dunia dan mungkin paling dinanti.

Zelenskyy adalah cerminan penderitaan dan semangat rakyatnya.

Kata-kata maupun penampilannya sering kali tegas, meski terkadang ia tampak kuyu.

Hanya beberapa hari sejak perang berkecamuk di negaranya, Zelenskyy didapuk menjadi komunikator dalam masa perang yang efektif dan menggugah.

Bahkan ia disandingkan dengan tokoh-tokoh perang dalam sejarah.

Zelenskyy hadir dengan sentuhan modern, yaitu dalam format siaran langsung di televisi dan media sosial yang membuat pesan yang ia sampaikan terasa lebih ‘personal.’

Baca juga: Cara Berjalan Presiden Rusia Vladimir Putin Ikut Jadi Sorotan Para Peneliti, Diduga Idap Penyakit

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. AFP/SERGEI SUPINSKY (AFP/SERGEI SUPINSKY)

Wajah baby face Zelenskyy akhir-akhir ini tampak terlihat bengkak dan pucat, dengan janggut yang tumbuh samar-samar. Jas dan kemejanya telah diganti dengan pakaian bergaya militer berwarna hijau tentara. Suara seraknya menunjukkan kelelahan.

BERITA TERKAIT

Dengan tampilan tersebut serta bantuan narasi atas keberaniannya menjadikan kisah yang tercipta seperti cerita David melawan Goliat yang perkasa dan menolak perjalanan yang aman keluar dari Tanah Airnya.

Semua hal tersebut terwujud dalam pernyataan yang ia sering sampaikan bahwa ia membutuhkan "amunisi, bukan tumpangan."

Begitulah kondisi terakhir mantan aktor dan komedian TV Ukraina, yang beberapa minggu lalu masih diremehkan dan disebut sebagai pemain politik pemula yang terlalu bersemangat untuk berkompromi dengan Moskow.

“Ini adalah pria yang pada dasarnya dianggap enteng, tidak mengerti apa yang ia kerjakan, serta akan dihancurkan oleh negara adidaya besar di sebelahnya. Dan hal itu tidak terjadi,” kata Andrew J. Polsky, seorang profesor ilmu politik di Hunter College di New York dan penulis buku tentang presiden AS pada masa perang.

"Saya pikir orang-orang benar-benar mengira bahwa ia akan melarikan diri dan saya pikir ia mengejutkan orang-orang dengan berbagi bahaya yang dapat dipahami orang-orang."

Hal itu, kata Polsky, telah menciptakan “hubungan timbal balik antara Zelenskyy dan rakyat Ukraina. Saya pikir mereka mendapatkan energi dari satu sama lain dan kepercayaan dari satu sama lain. Itu adalah pencapaian komunikasi yang mengesankan bagi seorang pemimpin, untuk banyak berhubungan dengan orang-orangnya di tengah krisis.”

Baca juga: Rusia dan Ukraina Gencatan Senjata 12 Jam, Koridor Kemanusiaan Dibuka di Beberapa Kota

Disandingkan dengan Churhill, Benjamin Franklin

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas