Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ISIS Konfirmasi Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi Tewas dalam Serangan AS di Suriah

ISIS mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa pemimpinnya tewas dalam serangan AS, di barat laut Suriah bulan lalu dan menunjuk penggantinya.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in ISIS Konfirmasi Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi Tewas dalam Serangan AS di Suriah
tangkap layar BBC
Peta penyerangan terhadap markas dari Abu Ibrahim al-Qurayshi 

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok ISIS atau juga disebut ISIL, mengonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa pemimpinnya tewas dalam serangan Amerika Serikat (AS), di barat laut Suriah bulan lalu dan menunjuk penggantinya.

Dilansir Al Jazeera, ini merupakan komentar resmi pertama dari kelompok bersenjata tentang pemimpinnya Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, sejak para pejabat AS mengatakan meledakkan dirinya bersama dengan anggota keluarganya.

Dia tewas ketika pasukan Amerika menyerbu tempat persembunyiannya di kota Atmeh, Suriah barat laut, dekat perbatasan dengan Turki, pada 3 Februari.

"Abu Ibrahim al-Qurayshi dan juru bicara resmi kelompok Negara Islam ... Abu Hamza al-Qurayshi ... tewas dalam beberapa hari terakhir," juru bicara baru kelompok itu, yang diidentifikasi sebagai Abu Omar al-Muhajer, mengatakan pada Kamis (10/3/2022).

Abu Ibrahim al-Qurayshi
Abu Ibrahim al-Qurayshi (tangkap layar dari US Departement of State via BBC)

Al-Muhajer juga mengatakan ISIL telah menunjuk seorang penerus mantan pemimpin, mengidentifikasi dia sebagai Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurayshi dan mengatakan kepala ISIL telah memilih dia sebagai khalifah berikutnya.

Tidak ada informasi segera tentang pemimpin baru itu dan tidak diketahui apakah dia orang Irak seperti dua pendahulunya, keduanya tewas di bagian Suriah yang dikuasai pemberontak.

Serangan AS bulan lalu adalah kedua kalinya dalam tiga tahun bahwa Amerika Serikat membunuh pemimpin ISIL.

BERITA TERKAIT

Al-Qurayshis tidak diyakini terkait. Al-Qurayshi bukanlah nama asli mereka tetapi berasal dari Quraisy, nama suku tempat Nabi Muhammad berasal.

ISIL mengklaim para pemimpinnya berasal dari suku ini dan "al-Qurayshi" berfungsi sebagai bagian dari nom de guerre pemimpin ISIS.

“Dia telah menerima kepemimpinannya,” kata al-Muhajer tentang pemimpin baru ISIS, tanpa memberikan nama aslinya.

Dalam serangan AS, sekitar 50 pasukan operasi khusus AS mendarat dengan helikopter dan menyerang sebuah rumah di sudut Suriah yang dikuasai pemberontak, bentrok selama dua jam dengan orang-orang bersenjata.

Secara keseluruhan, 13 orang tewas, termasuk enam anak-anak dan empat wanita.

Penduduk menggambarkan tembakan dan ledakan terus menerus yang mengguncang Atmeh di dekat perbatasan Turki, sebuah daerah yang dipenuhi dengan kamp-kamp pengungsi internal dari perang Suriah.

Peta penyerangan terhadap markas dari Abu Ibrahim al-Qurayshi
Peta penyerangan terhadap markas dari Abu Ibrahim al-Qurayshi (tangkap layar BBC)

Tentang ISIS

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas