Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demi Bayar Utang hingga Sekedar Beli Makan, Cerita Kehidupan Warga 'Desa Satu Ginjal' di Afghanistan

Sebuah desa di dekat Kota Herat, Afghanistan dikenal sebagai 'desa satu ginjal'.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Demi Bayar Utang hingga Sekedar Beli Makan, Cerita Kehidupan Warga 'Desa Satu Ginjal' di Afghanistan
CGTN via TribunMedan
Penduduk Desa Shenshayba Bazaar menunjukkan bekas jahitan saat mereka menjalani proses pengambilan ginjal. 

TRIBUNNEWS.COM, AFGHANISTAN - Sebuah desa di dekat Kota Herat, Afghanistan dikenal sebagai 'desa satu ginjal'.

Sebutan itu lantaran banyak penduduk di Shenshayba Bazaar, yang telah menjual salah satu ginjal mereka untuk memenuhi kebutuhan.

Afghanistan tidak terlalu baik secara ekonomi sebelum Taliban berkuasa tahun lalu, tetapi pengambilalihan brutal menyebabkan ekonomi negara Asia itu runtuh dan membuat banyak orang berjuang untuk menyediakan makanan bagi keluarga mereka.

Dalam beberapa kasus, keadaan menjadi sangat buruk sehingga orang memutuskan untuk menjual salah satu ginjal mereka untuk membayar utang dan membeli makanan.

Satu desa kecil di Provinsi Herat dikenal sebagai 'desa satu ginjal', karena banyaknya penduduk yang menjual salah satu ginjal mereka di pasar gelap.

“Aku tidak mau, tapi aku tidak punya pilihan. Aku melakukannya untuk anak-anakku,” kata Nooruddin, 32 tahun, kepada Agence France Presse.

“Saya menyesal sekarang, saya tidak bisa lagi bekerja, saya kesakitan dan saya tidak bisa mengangkat sesuatu yang berat.”

BERITA REKOMENDASI

Menjual atau membeli organ tubuh manusia adalah ilegal di sebagian besar negara di seluruh dunia, tetapi di Afghanistan hal itu tidak diatur dan selama persetujuan tertulis diungkapkan oleh donor, dokter sudah jelas.

Baca juga: Kenali dan Cegah Penyakit Ginjal dengan Deteksi Dini

Apa yang terjadi setelah donasi, ke mana organ itu pergi, tidak ada yang benar-benar tahu, dan dokter mengakui bahwa mereka tidak pernah menyelidiki masalah ini, karena “bukan tugas mereka” untuk melakukannya.

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti berapa banyak ginjal yang telah dijual di Afghanistan, catatan menunjukkan bahwa ratusan operasi pengangkatan ginjal telah dilakukan di Provinsi Herat saja dalam beberapa tahun terakhir. Dan ketika masalah ekonomi rakyat memburuk, jumlah prosedur seperti itu hanya bertambah.

“Saya menjual ginjal saya seharga 250.000 Afghanis (2.900 dollar AS atau Rp 41 juta),” kata seorang wanita.

"Saya harus melakukannya. Suami saya tidak bekerja, kami punya utang.”

“Anak-anak saya berkeliaran di jalanan meminta-minta,” tambah Aziza, ibu tiga anak.

“Jika saya tidak menjual ginjal saya, saya akan terpaksa menjual putri saya yang berusia satu tahun.”

Meskipun menjual ginjal mungkin tampak ekstrem bagi banyak orang, perlu diingat situasi putus asa yang dialami Afghanistan saat ini.

Baca juga: Penyakit Gagal Ginjal Kronis Memperparah Kondisi Pasien Covid-19, Bisa Berujung Kematian

Lebih dari 24 juta orang—59 persen dari populasi—berisiko kelaparan, dan setengah juta orang kehilangan pekerjaan setelah Taliban mengambil alih.

Hokse, sebuah desa di Nepal juga dikenal karena hampir semua orang menjual salah satu ginjal mereka untuk memenuhi kebutuhan. (Oddity Central) (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Saking Banyaknya Warga Jual Ginjal, Desa Ini Disebut 'Desa Satu Ginjal'

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas