Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Hancurkan Teater Tempat Berlindung Ribuan Warga Sipil, Biden: Putin Penjahat Perang

Namun dua hari kemudian, pasukan Rusia mengebom teater tempat ratusan - termasuk anak-anak dan wanita yang sakit - berlindung.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Hancurkan Teater Tempat Berlindung Ribuan Warga Sipil, Biden: Putin Penjahat Perang
AFP / Citra satelit © 2022 Maxar Technologies
Citra satelit Maxar pada 12 Maret 2022, menunjukkan pemandangan multispektral kebakaran di kawasan industri Distrik Primorskyi di Mariupol barat, Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM -- Puluhan orang dikhawatirkan tewas setelah pasukan Rusia tadi malam mengebom sebuah teater tempat ratusan warga sipil Ukraina, termasuk anak-anak, berlindung di kota pelabuhan Mariupol. 

Para pejabat mengatakan tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak orang yang tewas atau terluka dalam serangan di Teater Drama Mariupol karena penembakan di daerah pemukiman terus berlanjut di kota, yang berarti penyelamat tidak dapat menjangkau mereka yang terperangkap di puing-puing.

Seperti dilaporkan Daily Mail, citra satelit dari hari Senin menunjukkan kata 'anak-anak' yang ditulis dalam huruf putih besar dalam bahasa Rusia di depan dan di belakang gedung teater, di mana hingga 1.200 warga sipil diyakini telah berlindung, dalam upaya nyata untuk mencegah serangan apa pun oleh pasukan Vladimir Putin. pasukan.

Baca juga: Pukulan bagi Putin, Jenderal Keempat Rusia Tewas dalam Serangan di Mariupol

Namun dua hari kemudian, pasukan Rusia mengebom teater tempat ratusan - termasuk anak-anak dan wanita yang sakit - berlindung.

Penargetan warga sipil mendapat kecaman keras, dengan Presiden AS Joe Biden untuk pertama kalinya mencap Putin sebagai penjahat perang dan Ukraina mengatakan serangan itu adalah kejahatan perang.

Screenshot video yang dirilis oleh Kepolisian Nasional Ukraina pada 9 Maret 2022, menunjukkan bangunan rumah sakit anak yang rusak, mobil yang hancur, dan puing-puing di tanah setelah serangan udara Rusia di kota tenggara Mariupol.
Screenshot video yang dirilis oleh Kepolisian Nasional Ukraina pada 9 Maret 2022, menunjukkan bangunan rumah sakit anak yang rusak, mobil yang hancur, dan puing-puing di tanah setelah serangan udara Rusia di kota tenggara Mariupol. (HANDOUT / NATIONAL POLICE OF UKRAINE / AFP)

Setelah bom Rusia menghantam teater, bagian tengah gedung runtuh, mengubur sejumlah besar orang di bawah puing-puing, kata pejabat Ukraina. Puing-puing juga memblokir pintu masuk ke tempat perlindungan bom yang terletak di dalam gedung.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksy mengutuk serangan di teater itu, dengan mengatakan: 'Hati saya hancur karena apa yang dilakukan Rusia terhadap rakyat kami.'

BERITA TERKAIT

Petro Andruishchenko, seorang penasihat walikota Mariupol, mengatakan teater itu adalah tempat perlindungan terbesar di kota itu 'dalam jumlah dan ukuran'.

Baca juga: 14 Fakta Hari ke-20 Invasi: China Akan Bantu Rusia, Ukraina Sebut Putin Bisa Mulai Perang Dunia III

Dia mengatakan kepada CNN: 'Lebih dari seribu orang bersembunyi di sana tetapi kemungkinan sampai di sana untuk membongkar puing-puing rendah karena penembakan dan pengeboman kota yang terus-menerus.'

Jumlah orang di dalam teater saat pengeboman saat ini tidak diketahui. Pihak berwenang Ukraina mengatakan sebanyak 1.200 warga sipil telah mencari perlindungan di gedung itu, sementara Human Rights Watch mengatakan teater itu telah menampung sedikitnya 500 warga sipil.

Pekan lalu, rekaman menunjukkan sejumlah orang - terutama wanita dan anak-anak - berlindung di dalam teater. "Ada begitu banyak anak," kata seorang sukarelawan kepada Times. 'Semua anak demam, saya tidak tahu harus berbuat apa. Bantu kami.'

Baca juga: Mengapa India Berpihak pada Rusia dan Mendukung Putin? Ini Penjelasannya

Pihak berwenang Rusia telah berulang kali bersikeras bahwa pasukan mereka hanya menargetkan lokasi militer strategis dan tidak mengobarkan perang terhadap penduduk sipil Ukraina. Tapi ada serangan berulang di daerah pemukiman oleh pasukan Putin, dengan tiga orang tewas dan lima terluka setelah penembakan Rusia pada hari Rabu di Kharkiv.

Putin menghadapi tuduhan lebih lanjut tentang kejahatan perang pada hari Rabu setelah video serangan yang kemudian dikonfirmasi oleh jaksa agung Ukraina menunjukkan setidaknya 10 warga sipil ditembak mati ketika mereka mengantre untuk mendapatkan roti di luar Chernihiv.

Jaksa Agung Ukraina mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan serangan oleh pasukan Rusia yang 'menembak orang-orang yang mengantre untuk roti di dekat toko kelontong.' Sementara rekaman drone baru muncul untuk menunjukkan tentara Rusia mengeksekusi seorang warga sipil Ukraina saat dia mengangkat tangannya untuk menyerah di jalan raya barat Kyiv minggu lalu.

Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 4 Maret 2022, menunjukkan tank tentara Ukraina yang hancur di pemukiman Gnutovo di luar Mariupol.
Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 4 Maret 2022, menunjukkan tank tentara Ukraina yang hancur di pemukiman Gnutovo di luar Mariupol. (Handout / Russian Defence Ministry / AFP)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas