Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zelensky Ogah Akui Aneksasi Crimea dan Kemerdekaan Donbass, Pembicaraan Ukraina-Rusia Buntu

 Volodymyr Zelensky telah menggagalkan rencana perdamaian 15 poin Rusia dengan bersikeras bahwa prioritas Ukraina termasuk 'memulihkan

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Zelensky Ogah Akui Aneksasi Crimea dan Kemerdekaan Donbass, Pembicaraan Ukraina-Rusia Buntu
AFP/SERGEI SUPINSKY
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara saat menggelar jumpa pers di Kota Kyiv (Kiev), Ukraina, Kamis (3/3/2022) waktu setempat. Volodymyr Zelensky meminta pihak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina. Ia mengatakan, jika tidak, Rusia akan maju ke seluruh Eropa. "Jika Anda tidak memiliki kekuatan untuk menutup langit, maka beri saya pesawat!" ujar Zelensky dalam jumpa pers. "Jika kami tidak ada lagi maka, amit-amit, Latvia, Lithuania, Estonia akan menjadi berikutnya," katanya. "Percayalah pada saya," tambahnya. AFP/SERGEI SUPINSKY 

TRIBUNNEWS.COM -- Volodymyr Zelensky telah menggagalkan rencana perdamaian 15 poin Rusia dengan bersikeras bahwa prioritas Ukraina termasuk 'memulihkan integritas teritorial'.

Kremlin telah merancang sebuah kesepakatan yang diusulkan dengan daftar 15 tuntutan yang bersikeras bahwa Ukraina mengakui aneksasi Krimea dan kemerdekaan Donbass.

Tapi Zelensky tampaknya menolak proposal tersebut, meskipun kota-kota Ukraina terus dihantam oleh pasukan Rusia, dengan teater Mariupol menjadi sasaran serangan biadab terbaru Putin.

Sudut Donbass Arena yang rusak dibom.
Sudut Donbass Arena yang rusak dibom. ()

Dalam sebuah video yang dibagikan di Telegram, Zelensky mengatakan: "Pembicaraan tentang Ukraina berlanjut. Prioritas saya dalam pembicaraan sangat jelas: akhiri perang, jaminan keamanan, kedaulatan, pemulihan integritas teritorial, jaminan nyata untuk negara kita, perlindungan nyata negara kita.'

Baca juga: Rusia Kumpulkan Bukti Kejahatan Rezim Kyiv dalam Perang Ukraina

Sebelumnya, sumber di kedua belah pihak telah mengisyaratkan bahwa kemajuan telah dibuat dalam pembicaraan yang akan mengamankan gencatan senjata dan penarikan pasukan Rusia.

Ketentuan dalam rencana 15 poin berarti Kyiv akan menyetujui netralitas dan menerima batasan militernya untuk menghentikan serangan biadab terhadap warga sipilnya oleh pasukan Putin.

Itu juga akan membuat Zelensky melepaskan ambisi NATO-nya dan berjanji untuk tidak menjadi tuan rumah pangkalan militer atau persenjataan Barat dengan imbalan perlindungan.

Kondisi gedung Teater yang hancur di Mariupol karena serangan tentara Rusia, Rabu (16/3/2022). Gedung teater itu dijadikan tempat sekitar 1.200 warga sipil Ukraina berlindung . (Sumber: BBC)
Kondisi gedung Teater yang hancur di Mariupol karena serangan tentara Rusia, Rabu (16/3/2022). Gedung teater itu dijadikan tempat sekitar 1.200 warga sipil Ukraina berlindung . (Sumber: BBC) (BBC)
BERITA TERKAIT

Sumber yang diberi pengarahan tentang pembicaraan tersebut mengatakan kepada Financial Times bahwa ketentuan lain termasuk hak mengabadikan bahasa Rusia di Ukraina.

Tetapi poin yang paling mencuat adalah desakan Rusia bahwa Ukraina mengakui pencaplokan Krimea dan kemerdekaan Luhansk dan Donetsk.

Baca juga: Vaksin Sputnik V Buatan Rusia Dievaluasi WHO Gara-gara Perang

'Pasukan Rusia mengalami kerugian di Ukraina yang tidak mereka alami di Suriah dan Chechnya, yang tidak dimiliki pasukan Soviet di Afghanistan.

'Jika perang Anda melawan orang Ukraina berlanjut, ibu Rusia akan kehilangan lebih banyak anak daripada yang mereka lakukan dalam perang Afghanistan dan Chechnya digabungkan.'

Di teater Mariupol, ratusan warga sipil, termasuk anak-anak, berlindung ketika diserang.

Para pejabat mengatakan tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak orang yang tewas atau terluka dalam serangan di Teater Drama karena penembakan di daerah pemukiman terus berlanjut di kota, yang berarti penyelamat tidak dapat menjangkau mereka yang berada di puing-puing.

Baca juga: Angkatan Laut Rusia Bergabung dalam Perang, Belasan Kapal Amfibi Merapat ke Kota Pelabuhan Ukraina

Citra satelit dari hari Senin menunjukkan kata 'anak-anak' yang ditulis dalam huruf putih besar dalam bahasa Rusia di depan dan di belakang gedung teater dalam upaya nyata untuk mencegah serangan apa pun oleh pasukan Vladimir Putin.

Tetapi dua hari kemudian, pasukan Rusia mengebom teater tempat ratusan - termasuk anak-anak dan wanita yang sakit - berlindung, dengan Ukraina mengutuk serangan itu sebagai kejahatan perang. (DailyMail)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas