Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Siap Lawan Kebrutalan Tentara Rusia, Legiun Asing di Ukraina Pilih Kabur

Moskow telah memperingatkan bahwa setiap pejuang asing yang ditangkap di Ukraina tidak akan diberikan hak yang sama dengan pejuang yang sah.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Siap Lawan Kebrutalan Tentara Rusia, Legiun Asing di Ukraina Pilih Kabur
Aris Messinis / AFP
Seorang tentara Ukraina mempertahankan posisinya dengan senjata antipesawat ZU-23-2 di garis depan, timur laut Kyiv pada 3 Maret, 20 

TRIBUNNEWS.COM -- Sejumlah orang yang tergabung sebagai legiun asing yang melakukan perjalanan ke Ukraina untuk berperang melawan Rusia sudah mulai meninggalkan negara itu, tampaknya tidak siap menghadapi kenyataan brutal perang melawan militer konvensional yang modern.

Pada 26 Februari, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan sukarelawan internasional untuk bergabung dalam perlawanan melawan invasi Rusia, dengan mengatakan militer negara itu sedang membentuk unit legiun asing.

Sementara beberapa pemerintah sangat melarang warganya untuk pergi, yang lain mendukung langkah tersebut.

Sekitar 16.000 orang asing dari lebih dari 50 negara termasuk AS, Kanada, dan Inggris telah menjadi sukarelawan.

Baca juga: Seorang Warga AS Tewas Ditembak Tentara Rusia di Chernihiv Ukraina

Tetapi pada hari Minggu, rudal Rusia menghujani pangkalan pelatihan sukarelawan di Yavoriv dekat perbatasan Polandia, menewaskan 35 orang dan melukai 134, menurut pihak berwenang Ukraina. Rusia mengklaim jumlah korban tewas jauh lebih tinggi.

Setelah serangan itu, sejumlah orang asing – yang sudah mengeluh tentang organisasi yang buruk, kurangnya senjata dan pelatihan, dan kontrak berat yang mengikat mereka untuk masa kerja bertahun-tahun – telah berubah pikiran.

"Neraka murni - api, teriakan, kepanikan. Dan lebih banyak lagi bom dan rudal," kata sukarelawan Swedia Jesper Söder kepada Associated Press, menggambarkan serangan hari Minggu.

BERITA REKOMENDASI

Söder mengatakan dia kemudian memimpin sekelompok orang asing termasuk Skandinavia, Inggris dan Amerika keluar dari pangkalan dan kembali melintasi perbatasan Polandia.

Baca juga: Rusia Bantah Tuduhan Biden yang Sebut Putin Penjahat Perang: AS Harus Berkaca dari Tindakannya

"Mereka tahu persis apa yang harus dipukul," katanya.

"Mereka tahu persis di mana penyimpanan senjata kami. Mereka tahu persis di mana gedung administrasi berada. Mereka memukul paku di kepala dengan semua misil mereka."

Veteran Angkatan Darat AS lainnya yang selamat dari serangan itu, yang diidentifikasi sebagai "Hieu", berbicara kepada publikasi militer Task & Purpose minggu ini.

"Saya selamat karena rudal menghantam struktur keras, bukan tenda tempat saya berada," katanya. "Ukraina menawarkan untuk membawa siapa saja yang tidak ingin terus berperang setelah serangan rudal kembali ke perbatasan."

Baca juga: PBB: Lebih dari 700 Warga Sipil Ukraina Tewas akibat Serangan Rusia

Mantan awak tank Abrams, yang bertugas di Afghanistan pada 2012, mengatakan dari 23 sukarelawan yang telah tinggal di tendanya, hanya tujuh yang memutuskan untuk tinggal. Dia mengatakan kualitas relawan internasional sangat bervariasi.

"Beberapa adalah tentara profesional dan masih kompeten," kata Hieu. "Yang lain adalah pemabuk, orang-orang dengan pengalaman militer paling marjinal, dan orang-orang yang seharusnya tidak datang sama sekali."

Maksim Korobych, 18 tahun, berdiri di dekat petugas pemadam kebakaran di depan sebuah gedung apartemen yang hancur setelah ditembaki di distrik Obolon barat laut Kyiv pada 14 Maret 2022. - Dua orang tewas pada 14 Maret 2022, karena berbagai lingkungan ibukota Ukraina Kyiv berada di bawah serangan penembakan dan rudal, kata pejabat kota, pada hari ke 19 setelah militer Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP)
Maksim Korobych, 18 tahun, berdiri di dekat petugas pemadam kebakaran di depan sebuah gedung apartemen yang hancur setelah ditembaki di distrik Obolon barat laut Kyiv pada 14 Maret 2022. - Dua orang tewas pada 14 Maret 2022, karena berbagai lingkungan ibukota Ukraina Kyiv berada di bawah serangan penembakan dan rudal, kata pejabat kota, pada hari ke 19 setelah militer Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. (Photo by Aris Messinis / AFP) (AFP/ARIS MESSINIS)
Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas