Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Udara Rusia Hancurkan Markas Pemeliharaan Jet Tempur Ukraina, Sempat Dicegat tapi Gagal

Lokasi ini juga terletak sangat dekat dengan perbatasan dengan Polandia, yang mewakili sayap paling timur kekuatan NATO.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Serangan Udara Rusia Hancurkan Markas Pemeliharaan Jet Tempur Ukraina, Sempat Dicegat tapi Gagal
Sumber: Ismail Co kun/IHA via AP
Asap membubung tinggi setelah terjadi ledakan di dekat bandara Lviv karena serangan rudal Rusia, Jumat (18/3/2022) pagi waktu setempat. 

TRIBUNNEWS.COM, KYIV - Rusia telah meningkatkan serangan udara di Ukraina bahkan ketika Kyiv terus meminta AS dan NATO memberlakukan zona larangan terbang.

Sebuah serangan Rusia bahkan dikabarkan telah menghancurkan Markas Pemeliharaan pesawat Mig-29 Ukraina, yang berjarak 40 Mil dari perbatasan Polandia, Sabtu (19/3/2022).

Sebagaimana diketahui, Ukraina telah secara ekstensif mengerahkan jet era Soviet tersebut dalam perlawanannya terhadap serangan Rusia.

Ini adalah serangan pertama di dalam Lviv, titik penyangga penting untuk berbagai jenis bantuan asing yang masuk ke Ukraina.

Lokasi ini juga terletak sangat dekat dengan perbatasan dengan Polandia, yang mewakili sayap paling timur kekuatan NATO.

Pekan lalu, Rusia juga meningkatkan serangannya di Ukraina Barat, menembakkan rudal di dekat Lviv dan menyerang fasilitas militer besar di dekat perbatasan Polandia, yang konon membunuh banyak orang dan membawa pertempuran lebih dekat ke perbatasan NATO.

Insiden itu terjadi setelah Kremlin mengancam akan memblokir pasokan senjata Barat ke Ukraina.

BERITA REKOMENDASI

“Beberapa rudal menghantam fasilitas perbaikan pesawat. Bangunannya dihancurkan oleh serangan. Pekerjaan aktif di pabrik telah dihentikan tepat waktu, sehingga belum ada korban jiwa,” kata Walikota Andriy Sadovyi dari Ukraina.

Sirene serangan udara terdengar di seluruh kota beberapa menit sebelum serangan.

Saat fajar menyingsing, terlihat gumpalan asap membubung di atas bandara.

Rusia menembakkan enam rudal jelajah ke kompleks itu, hanya dua di antaranya yang berhasil dicegat oleh pertahanan udara Ukraina, menurut pihak berwenang.

“Rudal, yang ditembakkan dari wilayah Laut Hitam, sebagian ditembak jatuh. Tetapi empat di antaranya mengenai pabrik perbaikan pesawat,” dalih Maksym Kozytskyy, kepala administrasi militer Lviv.

Tawaran MiG-29 Polandia

Pekan lalu, Pentagon menolak pernyataan mengejutkan Polandia bahwa mereka akan menyerahkan jet tempur MiG-29 ke pangkalan udara AS untuk digunakan oleh Ukraina.

Baca juga: Rusia Luncurkan Rudal Hipersonik Kinzhal ke Gudang Senjata Ukraina, Seberapa Besar Kekuatan Moskow?

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas