Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Batalion Belarusia Disebut Bersumpah akan Berjuang untuk Ukraina dan Gagalkan Blokade Rusia

Batalion sukarelawan Belarusia bersumpah untuk membantu pasukan Ukraina membebaskan orang-orang di Kota Mariupol dari pengepungan pasukan Rusia.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Nuryanti
zoom-in Batalion Belarusia Disebut Bersumpah akan Berjuang untuk Ukraina dan Gagalkan Blokade Rusia
SATELLITE IMAGE ©2022 MAXAR TECHNOLOGIES / AFP
Ilustrasi - Citra satelit Maxar ini diambil dan dirilis pada 28 Februari 2022, memperlihatkan pengerahan pasukan darat dan konvoi di Khilchikha, Belarusia, sebelah utara perbatasan dengan Ukraina. Batalion tentara Belarusia disebut bersumpah untuk membantu pasukan Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Batalion tentara Belarusia disebut bersumpah untuk membantu pasukan Ukraina membebaskan orang-orang di Kota Mariupol dari pengepungan pasukan Rusia.

Dilansir Express, deklarasi batalion sukarelawan pasukan Belarusia itu terekam dalam sebuah video. 

Sambil memegang senjata, mereka menyatakan dukungan untuk Ukraina dan berjanji akan menggagalkan blokade pasukan Rusia di Mariupol.

Diketahui, Belarus merupakan salah satu sekutu dekat Moskow yang telah mengerahkan militernya untuk membantu invasi di Ukraina.

Baca juga: 3 Bank Belarus Terputus dari Sistem Pembayaran SWIFT  

Baca juga: Ditangkap Ukraina, Tentara Rusia Akui Ribuan Rekan-rekannya Tewas di Medan Perang

Citra satelit Maxar ini diambil dan dirilis pada 28 Februari 2022, memperlihatkan pengerahan pasukan darat dan konvoi di Khilchikha, Belarusia, sebelah utara perbatasan dengan Ukraina
Citra satelit Maxar ini diambil dan dirilis pada 28 Februari 2022, memperlihatkan pengerahan pasukan darat dan konvoi di Khilchikha, Belarusia, sebelah utara perbatasan dengan Ukraina (SATELLITE IMAGE ©2022 MAXAR TECHNOLOGIES / AFP)

"Sudah tiga minggu, seluruh Ukraina memerangi penjajah Rusia," kata sejumlah tentara dalam video itu.

"Situasi yang paling sulit adalah di dekat Mariupol, yang dikelilingi. Rusia melakukan genosida sejati di sana."

"Mereka ingin menghapus Mariupol dari muka bumi. Mariupol harus diblokade. Seluruh komunitas dunia harus berbicara hari ini tentang Mariupol," ujar mereka.

BERITA TERKAIT

"Kami akan memberikan dukungan kepada semua penduduk Mariupol dan akan berusaha membantu Ukraina untuk membuka blokade Mariupol," tambahnya.

Pasukan itu kemudian bernyanyi bersama: "Kemuliaan bagi Ukraina. Kemuliaan bagi para pahlawan. Hidup Belarusia."

Outlet berita Belarusia, Nexta, mengunggah video ini pada Jumat (18/3/2022) lalu di Twitternya. 

"Batalyon Sukarelawan Belarusia yang dinamai Kastus Kalinovsky akan datang untuk membantu Angkatan Bersenjata Ukraina dalam memecahkan blokade Mariupol."

"Banyak orang Belarusia bertempur di pihak Angkatan Bersenjata Ukraina, dan aliran sukarelawan tidak berhenti tumbuh," bunyi keterangan dalam postingan itu.

Batalion tentara Belarusia disebut bersumpah untuk membantu pasukan Ukraina membebaskan orang-orang di Kota Mariupol dari pengepungan pasukan Rusia.
Batalion tentara Belarusia disebut bersumpah untuk membantu pasukan Ukraina membebaskan orang-orang di Kota Mariupol dari pengepungan pasukan Rusia. (@nexta_tv)

Menurut laporan Express, pasukan Belarusia yang secara sukarela melawan pasukan Rusia kemungkinan akan dihukum sekembalinya ke negara mereka.

Upaya untuk membebaskan Mariupol dari pemboman Rusia dilakukan ketika sekitar 300.000 orang masih terjebak di dalam kota.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas