Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Catatan Korban Pesawat China Eastern Ditemukan di Tengah Puing-puing, Berisi Tentang Makna Giok

Foto catatan tangan seorang penumpang pesawat China Eastern Airlines penerbangan MU5735 yang jatuh pada Senin (21/3/2022) viral di medsos.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Miftah
zoom-in Catatan Korban Pesawat China Eastern Ditemukan di Tengah Puing-puing, Berisi Tentang Makna Giok
Handout via SCMP
Petugas menemukan catatan tangan di antara puing-puing pesawat China Eastern Airlines penerbangan MU5735, diyakini milik seorang penumpang. 

TRIBUNNEWS.COM - Foto catatan tangan seorang penumpang pesawat China Eastern Airlines penerbangan MU5735 yang jatuh pada Senin (21/3/2022), viral di media sosial.

Catatan tersebut menggambarkan piringan giok, liontin keberutungan yang melambangkan "kedamaian, keberuntungan, dan keamanan" dalam budaya tradisional Tiongkok.

Tulisan tangan di sebuah kertas itu diyakini milik seorang penumpang wanita dengan nama belakang Xiang, berusia 20 tahunan, menurut laporan Thepaper.cn.

"Pesona keberuntungan piringan giok melambangkan harapan untuk perdamaian di tahun ini, dan umur panjang dan sehat," tulisnya.

Baca juga: Menlu Selandia Baru: Jika China Tingkatkan Militer di Solomon, Keamanan Kawasan Pasifik Bisa Kacau

Baca juga: 5 Fakta Baru Kecelakaan China Eastern, Temuan Kotak Hitam hingga Kondisi Pilot Sehat & Berpengalaman

Petugas menemukan catatan tangan di antara puing-puing pesawat China Eastern Airlines penerbangan MU5735, diyakini milik seorang penumpang.
Petugas menemukan catatan tangan di antara puing-puing pesawat China Eastern Airlines penerbangan MU5735, yang diyakini milik seorang penumpang. (Handout via SCMP)

Dilansir SCMP, Xiang adalah streamer wiraniaga dan terbang ke Guangzhou untuk menyelenggarakan acara penjualan online produk giok. 

Menurut penjual perhiasan, catatan ini mungkin digunakan Xiang untuk mempelajari batu antik tersebut.

Sebab kalimat dalam catatan itu biasanya diucapkan untuk menarik pembeli batu giok di TV atau siaran live.

BERITA TERKAIT

Penerbangan MU5735 dengan pesawat Boeing 737-800, menabrak lereng berhutan di wilayah otonomi Guangxi pada Senin lalu.

Data penerbangan menunjukkan bahwa pilot berusaha menjaga pesawat tetap mengudara, karena secara singkat naik setelah menukik 22.000 kaki, sebelum jatuh lagi.

Pesawat tersebut jatuh 30 detik kemudian.

Operasi pencarian dan penyelamatan berlangsung sejak hari kecelakaan, tetapi tidak ada korban yang ditemukan.

Salah satu teman Xiang, bermarga Zhao, mengatakan kepada Thepaper bahwa mereka menyadari Xiang mungkin berada di pesawat itu ketika mendengar kabar tentang kecelakaan itu.

Foto ini diambil pada 21 Maret 2022 menunjukkan petugas polisi paramiliter melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. - Sebuah jet penumpang China Eastern yang membawa 132 orang jatuh ke lereng gunung di China selatan pada 21 Maret menyebabkan kebakaran besar, tak lama setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara dan jatuh ribuan meter hanya dalam tiga menit. (Photo by CNS / AFP) / China OUT
Foto ini diambil pada 21 Maret 2022 menunjukkan petugas polisi paramiliter melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. - Sebuah jet penumpang China Eastern yang membawa 132 orang jatuh ke lereng gunung di China selatan pada 21 Maret menyebabkan kebakaran besar, tak lama setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara dan jatuh ribuan meter hanya dalam tiga menit. (Photo by CNS / AFP) / China OUT (AFP/-)

"Kami menghitung waktu penerbangan dan menentukan itu adalah rute yang dia ambil. Kami mulai meneleponnya, tetapi dia (Xiang) tidak mengangkatnya," kata Zhao.

Menurut Zhao, departemen kepolisian sempat menelepon orang tua Xiang dan memberi tahu mereka bahwa putrinya adalah penumpang Boeing 737-800 China Eastern.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas