Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cara Adolf Hitler Bunuh Diri, Tak Ingin Tubuhnya Bernasib Seperti Mussolini

Tubuhnya dibakar di atas bunker Kerajaan Ketiga Nazi, dekat taman Kekanseliran Jerman di Berlin yang sudah terkepung pasukan Rusia.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Cara Adolf Hitler Bunuh Diri, Tak Ingin Tubuhnya Bernasib Seperti Mussolini
thedailybeast
Adolf Hitler 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Hari ini, 77 tahun lalu, tepatnya 30 April 1945, pemimpin Nazi Jerman Adolf Hitler dan istrinya Eva Braun dinyatakan tewas.

Tubuhnya dibakar di atas bunker Kerajaan Ketiga Nazi, dekat taman Kekanseliran Jerman yang sudah terkepung pasukan Rusia.

Jam-jam panjang hari itu diawali hari sebelumnya, Ketika Joseph Goebbels beranjak ke kamarnya selepas Subuh. Adolf Hitler baru saja masuk ke kamar pribadinya pada 29 April 1945.

Goebbels menuliskan surat wasiat dan testamen politiknya, yang ia nyatakan lampiran testamen Fuehrer. Testamen itu sampai ke tangan pasukaan Sekutu sesudah perang berlalu.

Goebbels, sang propagandis Nazi, teman setia Hitler menyatakan, ia untuk pertama dan terakhir kali mutlak menolak perintah pemimpinnya.

Baca juga: Intelijen Rusia Beber Kesaksian Hans Bauer, Bekas Pilot Pribadi Adolf Hitler

Baca juga: Sebut Peran AS Bak Hitler dan Napoleon, Ingin Kuasai Eropa, Rusia Harap Ukraina Buat Pilihan Sendiri

Oleh Hitler, sebenarnya Goebbels diperintahkan meninggalkan Berlin. “Istri dan anak-anak saya turut menyertai penolakan ini,” tulis Goebbels.

“Terlepas dari kenyataan, perasaan kemanusiaan dan kesetiaan pribadi melarang kami meninggalkan Fuehrer, dalam saat-saat yang sangat memerlukan,” tambahnya.

BERITA TERKAIT

“Maka kalau saya berbuat lain, maka selama hidup saya kaan merupakan pengkhianat yang hina dan seorang bajingan, saya akan kehilangan harga diri dan kehilangan respek rakyat saya,” lanjut Goebbels.

Surat Wasiat Goebbels

Inti wasiat dan testamen Goebbels seperti itu. Atas dasar alasan kesetiaan tertinggi itulah, ia dan istrinya serta mewakili anak-anaknya, telah memutuskan untuk tetap di samping Fuhrer.

Mereka akan mengakhiri hidup, yang menurut Goebbels sudah tidak ada harganya lagi kalau ia tidak menggunakannya untuk mengabdi pada Hitler.

Testamen Hitler dan Goebbels dikirimkan ke Admiral Doenitz sebagai pemimpin baru militer Jerman. Tiga kurir ditugaskan menembus pengepungan Rusia di sekeliling Berlin.

Mereka terdiri Mayor Willi Johanmeier, ajudan militer Hitler. Kedua, Wilhelm Zender, perwira SS dan orang dkeat Martin Borman.

Orang ketiga Heinz Lorentz, pegawai Kementerian Propaganda yang menerima kabar pengkhianatan Heinrich Himler.

Dalam foto yang diambil pada 1942 ini terlihat Adolf Hitler bersama kekasihnya, Eva Braun. Keduanya kemudian menikah pada 29 April 1945 sebelum bunuh diri bersama sehari setelahnya.
Dalam foto yang diambil pada 1942 ini terlihat Adolf Hitler bersama kekasihnya, Eva Braun. Keduanya kemudian menikah pada 29 April 1945 sebelum bunuh diri bersama sehari setelahnya. (Bundesarchiv via Wikipedia)
Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas