Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiba di Washington DC, Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN-AS

Jokowi dan Ibu Negara tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS)

Editor: Srihandriatmo Malau
zoom-in Tiba di Washington DC, Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN-AS
Biro Pers Sekretariat Presiden/LAILY RACHEV
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB. Kedatangan Presiden untuk mengikuti KTT ASEAN-AS itu disambut Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani. Biro Pers Sekretariat Presiden/LAILY RACHEV 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON DC - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS) atau Rabu (11/5/2022) pukul 08.40 WIB.

Setelah menempuh kurang lebih 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat tersebut.

Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden melaporkan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani menyambut kedatangan Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Rombongan Transit di Amsterdam Sebelum Terbang ke Washington

Baca juga: Jokowi Bertolak ke Washington DC Hadiri KTT ASEAN-AS

Baca juga: Jokowi akan Bertemu para CEO Besar AS

Presiden dan rombongan kemudian menuju hotel tempatnya menginap, dan akan memulai agenda kerjanya esok hari.

Baca juga: Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Kenegaraan Lawatan Presiden Jokowi ke KTT ASEAN-US di AS

Baca juga: Ini Alasan Jokowi Gunakan Pesawat Carter Ketimbang Pesawat Kepresidenan dalam Lawatan ke AS

"Setibanya di hotel tempatnya menginap, tampak menyambut Presiden dan Ibu Iriana, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah tiba lebih awal," demikian Tribunnews.com mengutip keterangan pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sebelumnya diberitakan ke Negeri Paman Sam, Presiden akan melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022.

BERITA REKOMENDASI

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," ujar Presiden di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, (10/5/2022).

Baca juga: Sejumlah Pejabat Dampingi Jokowi ke AS

Presiden rencananya akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari. 

Presiden akan hadir bersama pemimpin ASEAN lainnya.

Saat ini kata Presiden, Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024.

Indonesia berharap, KTT Khusus ini akan menghasilkan kerjasama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

"Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera," pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas