Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media AS Sebut Jatuhnya Pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines Diduga Disengaja

Media Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa data penerbangan menunjukkan insiden jatuhnya pesawat China Eastern Airlines diduga disengaja.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Media AS Sebut Jatuhnya Pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines Diduga Disengaja
STR / AFP
Foto yang diambil pada 21 Maret 2022 ini menunjukkan bagian dari puing-puing pesawat penumpang China Eastern yang jatuh di lereng gunung di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. 

TRIBUNNEWS.COM - Media Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa data penerbangan menunjukkan insiden jatuhnya pesawat China Eastern Airlines diduga disengaja.

Dilansir BBC, penilaian awal dari pejabat AS terkait penerbangan menyebut penyelidik sejauh ini tidak menemukan kesalahan mekanis atau teknis pada pesawat Boeing 737-800 tersebut. 

China Eastern Airlines 5735 sedang dalam perjalanan dari Kota Kunming ke Guangzhou ketika jatuh di pegunungan pada 21 Maret 2022 lalu.




Seluruh penumpang dan awak berjumlah 132 orang tewas.

"Pesawat itu melakukan apa yang diperintahkan oleh seseorang di kokpit," menurut Wall Street Journal, yang pertama kali melaporkan cerita tersebut, mengutip seseorang yang mengetahui penilaian awal pejabat AS tentang penyebab kecelakaan itu.

Foto ini diambil pada 21 Maret 2022 menunjukkan petugas polisi paramiliter melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. - Sebuah jet penumpang China Eastern yang membawa 132 orang jatuh ke lereng gunung di China selatan pada 21 Maret menyebabkan kebakaran besar, tak lama setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara dan jatuh ribuan meter hanya dalam tiga menit. (Photo by CNS / AFP) / China OUT
Foto ini diambil pada 21 Maret 2022 menunjukkan petugas polisi paramiliter melakukan pencarian di lokasi jatuhnya pesawat China Eastern Airlines di daerah Tengxian, kota Wuzhou, di wilayah Guangxi selatan China. - Sebuah jet penumpang China Eastern yang membawa 132 orang jatuh ke lereng gunung di China selatan pada 21 Maret menyebabkan kebakaran besar, tak lama setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara dan jatuh ribuan meter hanya dalam tiga menit. (Photo by CNS / AFP) / China OUT (AFP/-)

Baca juga: China Eastern Mulai Kembali Penerbangan Boeing 737-800 setelah Kecelakaan yang Tewaskan 132 Orang

Baca juga: Angkasa Pura I Layani 651.474 Penumpang Pesawat Pada Momen Libur Panjang 13-16 Mei 2022

Data dari black box atau kotak hitam menunjukkan bahwa input ke kontrol mendorong pesawat menukik hampir vertikal, kata laporan tersebut.

ABC News, yang mengutip sumber pejabat AS, juga melaporkan bahwa kecelakaan itu diyakini disebabkan oleh tindakan yang disengaja.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Reuters, mengutip dua orang sumber yang diberi pengarahan atas penyelidikan, mengatakan bahwa penyelidik sedang memeriksa apakah pesawat jatuh karena tindakan kesengajaan di dek penerbangan.

Sebab, lapor Reuters, tidak ada bukti kerusakan teknis yang ditemukan.

Diketahui black box, perekam data penerbangan yang ditemukan di lokasi kecelakaan dikirim ke Amerika Serikat untuk dianalisis, dikutip dari SCMP

Para pejabat AS yang terlibat dalam penyelidikan tersebut telah memusatkan perhatian pada tindakan seorang pilot, meskipun ada kemungkinan orang lain di dalam pesawat itu bisa masuk ke kokpit dan menyebabkan kecelakaan, tulis WSJ, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

China Eastern Airlines sebelumnya mengatakan tiga pilot di pesawat memenuhi syarat dan dalam kondisi sehat.

Maskapai secara terpisah mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa tidak ada indikasi bahwa salah satu pilot berada dalam masalah keuangan.

China Eastern Airlines tidak segera menanggapi permintaan komentar dari BBC.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas