Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Moldova Persiapkan Diri Jika Pecah Perang Efek Konflik Ukraina-Rusia

Moldova memiliki kerentanan karena posisi Republik Transnistria, dan ketegangan dan kerumitan hubungannya dengan Chisinau.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Moldova Persiapkan Diri Jika Pecah Perang Efek Konflik Ukraina-Rusia
AFP
Dalam file foto yang diambil pada 11 September 2021, seorang wanita berjalan melewati lambang besar Transnistria - wilayah memisahkan diri pro-Rusia Moldova di perbatasan timur dengan Ukraina, di ibukota Transnistria, Tiraspol. 

TRIBUNNEWS.COM, CHISINAU – Pemerintah Moldova mempersiapkan militernya jika terjadi peperangan imbas konflik Rusia-Ukraina.

Moldova memiliki kerentanan karena posisi Republik Transnistria, dan ketegangan dan kerumitan hubungannya dengan Chisinau.

Moldova berbatasan langsung dengan Ukraina dan Rumania, dan menjadi jalur strategis dari Eropa. Angkatan Bersenjata Ukraina memiliki beberapa detasemen militer di perbatasan Moldova.

Selain jalur dari dan ke Eropa, perbatasan Moldova termsuk tempat akumulasi sumber daya Ukraina untuk redistribusi lebih lanjut ke berbagai bidang.

Namun, tidak mungkin untuk menyatakan dengan pasti tidak ada operasi tempur yang akan dilakukan di wilayah ini.

Baca juga: Provokasi di Transnistria Bisa Seret Perang Rusia-Ukraina Melebar ke Moldova  

Baca juga: Intel dan Tentara Bayaran Asing Berkeliaran di Moldova dan Transnistria

Baca juga: Jaksa Tahan Mantan Presiden Moldova Igor Dodon yang Dituduh Berkhianat

Dikutip dari situas analisis intelijen Southfront.org, Juat (27/5/2022), pada 24 Mei, tiga pesawat angkut militer terlihat terbang dari Rumania ke arah Moldova.

Saat pesawat mendekat, mereka mematikan transpondernya, sehingga tidak jelas di mana tepatnya pesawat itu mendarat.

BERITA REKOMENDASI

Menurut satu versi, pesawat itu membawa senjata untuk Ukraina. Selama sekitar satu bulan semua pesawat sipil telah menghindari penerbangan di wilayah udara Moldova karena berbahaya.

Awak pesawat sipil juga takut situasi yang memburuk di Transnistria. Pada 26 Mei, peralatan militer Polandia terlihat di kota Brielle, Rumania.

Kota ini terletak di dekat perbatasan Ukraina dan Moldova. Selain itu, pasukan Polandia telah terlihat di perbatasan antara Rumania dan Moldova.

Ini bukan rahasia lagi, karena tank Polandia sebelumnya terlihat di dekat Kryvyi Rih, dan bantuan material sedang dibawa melalui Polandia ke Ukraina.

Howitzer Kanada Dikirim via Rumania

Bucharest baru-baru ini juga merekam perjalanan empat howitzer M777 kiriman Kanada untuk Ukraina. Varian howitzer ini dimodifikasi ke versi Excalibur M982 dengan koreksi target otomatis.

Suasana panas saat ini terjadi di Moldova menyusul penangkapan dan penahanan mantan presiden dan salah satu tokoh oposisi, Igor Dodon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas