Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Sampaikan Kabar Duka: Status Eril Berdasarkan Konsultasi Ulama Syahid Akhirat

Keluarga menyatakan status Eril berdasarkan konsultasi dari berbagai pihak, termasuk dari para ulama telah dinyatakan syahid akhirat.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Keluarga Sampaikan Kabar Duka: Status Eril Berdasarkan Konsultasi Ulama Syahid Akhirat
Kolase Tribunnews
Ridwan Kamil, Atalia dan Eril 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keluarga menyampaikan status Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril, putra dari Gubernur Jawa Barat (jabar) Ridwan Kamil, yang masih dinyatakan hilang di sungai Aare, kota Bern, sejak Kamis (26/5/2022) lalu.

Paman Eril yang merupakan adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman pada konferensi pers secara virtual, Jumat (3/6/2022) menyampaikan kabar duka.

Ia menyatakan status Eril berdasarkan konsultasi dari berbagai pihak, termasuk dari para ulama telah dinyatakan syahid akhirat.




“Berdasarkan informasi ini, kami diskusikan dengan para ulama di Bandung, sehingga dinyatakan syahid akhirat,” kata Elpi.

Baca juga: Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas dan Yakin Eril Wafat karena Tenggelam, Shalat Ghaib Dilakukan

Elpi menyatakan, sebelumnya keluarga Ridwan Kamil di Bandung telah berkonsultasi dengan para ulama dan pihak MUI tentang status Emmeril secara syariat.

Keluarga menyampaikan keterangan yang diterima dari KBRI dan kepolisian setempat, dan Eril dinyatakan ‘missing person’ oleh kepolisian Swiss, didasarkan pada situasi dan laporan hilang karena situasi hanyut.

“Metode pencarian juga sudah fokus untuk mencari Eril dalam keadaan yang bisa dinyatakan sebagai syahid akhirat dalam pandangan kami,” kata Elpi.

BERITA TERKAIT

Informasi ini juga disampaikan kepada Ridwan Kamil beserta istri yang hampir 7 hari ikut turut memantau, dan ikhlas menerima status tersebut.

Walaupun status tersebut sudah ditetapkan kepada Eril, keluarga tetap berkomitmen dalam upaya pencarian Eril setiap hari apapun kondisinya.

“Status ini tidak merubah harapan keluarga untuk melakukan pencarian Emmeril Kahn Mumtadz dalam keadaan apapun yang Allah ridoi pertemuannya,” ujar Elpi.

Baca juga: Anies Serukan Seluruh Masjid di DKI Gelar Salat Gaib Usai Jumatan untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Elpi yang ditugaskan keluarga untuk melanjutkan pemantauan dan koordinasi dengan KBRI Bern dan Kepolisian Swiss untuk mencari Eril menyatakan, hari ini otoritas akan menerjunkan anjing pelacak.

Sementara itu, Ridwan Kamil dan keluarga harus kembali ke Indonesia, pada Kamis sore (2/6/2022) untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

Sehingga, pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Eril, yakni Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada hari Rabu (1/6/2022).

“Kepolisian saat ini sudah bersiap menerjunkan anjing pelacak yang memiliki kemampuan khusus untuk mencium jejak aroma di permukaan,” ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas