Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Dituduh Tahan 600 Orang di ‘Ruang Penyiksaan’ Bawah Tanah Termasuk Wartawan, Ini Perlakuannya

Ukraina menuduh pasukan Rusia telah menahan sekitar 600 orang di 'ruang penyiksaan' bawah tanah di Ukraina selatan.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Dituduh Tahan 600 Orang di ‘Ruang Penyiksaan’ Bawah Tanah Termasuk Wartawan, Ini Perlakuannya
AFP/SERGEY BOBOK
Sebuah gambar menunjukkan kerusakan di pintu masuk gedung setelah penembakan oleh pasukan Rusia di Constitution Square di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM -- Ukraina menuduh pasukan Rusia telah menahan sekitar 600 orang di 'ruang penyiksaan' bawah tanah di Ukraina selatan.

Para pejabat Ukraina mengatakan para tahanan sebagian besar adalah jurnalis dan pendukung pemerintah Kyiv yang ditahan di ruang bawah tanah di wilayah Kherson, lapor kantor berita AFP.

"Menurut informasi kami, sekitar 600 orang ... ditahan di ruang bawah tanah yang diubah secara khusus di wilayah Kherson," kata Tamila Tacheva, perwakilan tetap kepresidenan Ukraina di Krimea, wilayah di selatan Kherson yang direbut Rusia pada 2014.

Tacheva mengatakan sebagian besar dari mereka yang ditahan adalah "wartawan dan militan" yang mengadakan "pertemuan pro-Ukraina" di kota Kherson dan wilayah sekitarnya setelah diduduki oleh pasukan Rusia pada Februari.

Baca juga: Rusia Klaim Berhasil Merebut Severodonetsk, Kota Penting di Donbas Ukraina Timur

"Menurut informasi kami, mereka ditahan dalam kondisi tidak manusiawi dan menjadi korban penyiksaan," kata Tacheva.

Beberapa warga Ukraina yang ditahan di wilayah Kherson - termasuk warga sipil dan tentara yang ditahan - telah dipenjara di Krimea, tambahnya.

Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari. -
Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari. - "Beberapa ledakan di distrik kota Darnytsky dan Dniprovsky. Layanan padam," kata Walikota Kyiv di Telegram. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP) (AFP/SERGEI SUPINSKY)

Pada awal perang, pasukan Rusia juga menguasai seluruh wilayah Kherson dan sebagian besar wilayah Zaporizhzhia, keduanya di selatan.

BERITA REKOMENDASI

Pejabat Rusia dan orang-orang yang ditunjuk lokal mereka telah berbicara tentang rencana daerah-daerah itu untuk mendeklarasikan kemerdekaan mereka atau bergabung dengan Rusia.

Tetapi dalam apa yang mungkin merupakan contoh terbaru dari sabotase anti-Rusia di Ukraina, media pemerintah Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa sebuah ledakan di sebuah kafe di kota Kherson melukai empat orang.

Baca juga: Rekaman Pertempuran Rusia dan Ukraina dari Kota ke Kota di Wilayah Donbass

TASS menyebut pengeboman di kota yang diduduki Rusia itu sebagai "aksi teror".

Sebelum invasi 24 Februari, para pejabat Ukraina mengatakan Rusia menguasai sekitar 7 persen negara itu, termasuk Semenanjung Krimea, yang dicaplok Rusia pada 2014, dan daerah-daerah yang dikuasai oleh separatis di Donetsk dan Luhansk.

210 Mayat Tentara Ukraina Diserahkan

Rusia telah menyerahkan ke Kyiv mayat 210 pejuang Ukraina, yang sebagian besar tewas dalam mempertahankan kota Mariupol dari pasukan Rusia di pabrik baja yang luas, kata militer Ukraina.

Lebih dari 1.000 orang Ukraina yang menyerah di Mariupol dilaporkan dibawa ke Rusia
Orang-orang Ukraina bersembunyi di pabrik baja Azovstal selama berminggu-minggu saat Rusia mencoba merebut kota itu.

Pakar forensik Ukraina menggali mayat seorang tentara Rusia yang digali di desa Zavalivka, sebelah barat Kyiv pada 11 Mei 2022. - Hingga saat ini, lebih dari 230 mayat Rusia telah dikumpulkan dan disimpan di Ukraina, dengan sebagian besar mayat ditemukan di pinggiran ibukota.
 (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP)
Pakar forensik Ukraina menggali mayat seorang tentara Rusia yang digali di desa Zavalivka, sebelah barat Kyiv pada 11 Mei 2022. - Hingga saat ini, lebih dari 230 mayat Rusia telah dikumpulkan dan disimpan di Ukraina, dengan sebagian besar mayat ditemukan di pinggiran ibukota. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP) (AFP/SERGEI SUPINSKY)
Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas