Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beri Dukungan ke Zelensky, PM Inggris Boris Johnson Yakin Ukraina Bisa Menang Lawan Rusia

PM Inggris Boris Johnson berjanji untuk terus mendukung Ukraina dalam jangka waktu yang panjang.

Penulis: Inza Maliana
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Beri Dukungan ke Zelensky, PM Inggris Boris Johnson Yakin Ukraina Bisa Menang Lawan Rusia
Twitter @BorisJohnson
Boris Johnson Kunjungi Zelensky pada Jumat, 17 Juni 2022 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memberi dukungan kepada Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam kunjungannya ke Kyiv pada Jumat (17/6/2022) waktu setempat.

Johnson menyampaikan, momen dirinya mengunjungi Kyiv saat ini sangat penting untuk memberikan dukungan di tengah kelelahan perang yang dialami Ukraina.

Ia pun mengaku optimis jika Ukraina dapat menang melawan Rusia, terlebih setelah mendapat dukungan Barat.

"Kekhawatiran yang kami miliki adalah bahwa sedikit kelelahan Ukraina mulai terjadi di seluruh dunia, tetapi Anda harus memahami bahwa Ukraina sangat menderita di timur negara mereka," katanya, dikutip dari Sky News.

"Putin terus melakukan kekejaman yang mengerikan. Rusia bergerak maju, inci demi inci, dan sangat penting bagi kami untuk menunjukkan apa yang kami tahu benar bahwa Ukraina dapat menang dan akan menang," tambahnya.

Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 9 April 2022 oleh Layanan Pers Kepresidenan Ukraina menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjelang pertemuan mereka di Kyiv.
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 9 April 2022 oleh Layanan Pers Kepresidenan Ukraina menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjelang pertemuan mereka di Kyiv. (Stringer / UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SERVICE / AFP)

Baca juga: Inflasi Harga Pangan di Inggris Diperkirakan Bakal Naik hingga 15 Persen

Ia juga telah berbicara dengan Presiden Zelensky mengenai tawaran Inggris untuk mendukung Ukraina di tengah perang.

"Rusia masih menanggung banyak korban, mereka kehabisan banyak persenjataan tercanggih mereka, senjata posisi mereka mulai rusak parah," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

"Kita harus menyampaikan pesan ke Ukraina dan dunia tentang seberapa kuat kita mendukung mereka dan betapa pentingnya mereka berhasil."

"Ketika kelelahan Ukraina terjadi, sangat penting untuk menunjukkan bahwa kami bersama mereka untuk jangka panjang dan kami memberi mereka ketahanan strategis yang mereka butuhkan," tegasnya.

Inggris Tawarkan Progam Pelatihan Militer untuk Ukraina

Dikutip Tribunnews.com, PM Inggris, Boris Johnson menawarkan pelatihan pertempuran untuk puluhan ribu tentara Ukraina selama kunjungan mendadaknya ke Kyiv untuk menemui Presiden Volodymyr Zelensky, Jumat (17/6/2022).

Dilansir Independent, kunjungan kedua Perdana Menteri Inggris ke negara yang dilanda perang itu hanya berselang sehari setelah kunjungan tiga pemimpin Eropa; Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan PM Italia Mario Draghi.

"Kunjungan saya hari ini, di kedalaman perang ini, adalah untuk mengirim pesan yang jelas dan sederhana kepada rakyat Ukraina," kata Johnson.

"Inggris bersama Anda, dan kami akan bersama Anda sampai Anda akhirnya menang."

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas