Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Sergei Lavrov Ungkap Tujuan AS Bantu Ukraina, Sebut Supaya Rusia Patuhi Aturan AS

Menlu Rusia Sergei Lavrov mengungkapkan pandangannya soal tujuan AS bantu Ukraina, sebut ingin melemahkan Rusia agar patuhi aturan AS.

Penulis: Inza Maliana
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Menlu Sergei Lavrov Ungkap Tujuan AS Bantu Ukraina, Sebut Supaya Rusia Patuhi Aturan AS
The Moscow Times
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Menlu Rusia Sergei Lavrov mengungkapkan pandangannya soal tujuan AS bantu Ukraina, sebut ingin melemahkan Rusia agar patuhi aturan AS. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengungkapkan pandangannya soal tujuan Amerika Serikat (AS) membantu Ukraina dengan memasok beragam senjata.

Menurut Lavrov, Washington berusaha untuk memaksa Moskow bermain dengan aturan Amerika.

Hal ini disampaikan Lavrov dalam wawancara di televisi nasional pada Minggu (19/6/2022) kemarin.

Lavrov menuturkan, Washington ingin Moskow tidak memiliki suara tentang masalah global, tetapi ia yakin keinginan itu tidak akan berhasil.

Kala ditanya soal tujuan sebenarnya Amerika di Ukraina, Lavrov menjawab itu sebagai cara lain dari AS untuk melemahkan Rusia.

"Mereka (AS) mengejar tujuan yang telah lama mereka umumkan: Rusia harus tahu tempatnya; Rusia (harus) tidak memiliki suara dalam urusan internasional."

"Rusia harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh AS. Tetapi Washington tampaknya 'sangat menyadari' fakta bahwa itu tidak akan berhasil," kata sang menteri, dikutip dari Russian Today, Senin (20/6/2022).

BERITA TERKAIT

Sementara, pernyataan soal tujuan AS di Ukraina merupakan tanggapan dari pernyataan Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg.

Baca juga: Rangkuman Invasi Rusia Hari ke-117: Kemungkinan Rusia Serang UE, Pertempuran Berlanjut di Donbas

Baca juga: Eksekutif Top Rusia Sebut Negaranya Mungkin Butuh Waktu 10 Tahun untuk Pulih dari Sanksi

Sebab sebelumnya Stoltenberg mengaku kepada tabloid Jerman Bild bahwa senjata Barat yang dipasok untuk Ukraina membuat kemungkinan besar pasukan Rusia keluar dari Donbass.

Sekjen NATO juga secara terbuka menyatakan bahwa blok tersebut berencana untuk tidak lagi menunjuk Moskow sebagai mitra.

Tetapi sebagai ancaman keamanan dalam pembaruan konsep strategi berikutnya.

Kementerian Luar Negeri Rusia juga telah mempertimbangkan untuk menuntut Lithuania mencabut larangan transit barang ke Wilayah Kaliningrad.

Larangan Transit Kargo Kereta Api di Lithuania Diminta UE

Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis akhirnya menanggapi soal larangan transit kargo kereta api dari Rusia ke wilayah Kaliningrad, Lithuania, Senin (20/6/2022).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas