Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Sebut Tersangka Penembakan di Kopenhagen Miliki Masalah Kesehatan Mental

Polisi Denmark mengatakan bahwa tersangka penembakan di sebuah mal Kopenhagen mengalami masalah kesehatan mental.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Miftah
zoom-in Polisi Sebut Tersangka Penembakan di Kopenhagen Miliki Masalah Kesehatan Mental
AFP/OLAFUR STEINAR GESTSSON
Orang-orang berpelukan saat polisi mengevakuasi pusat perbelanjaan Fields di Kopenhagen, Denmark, pada 3 Juli 2022 setelah media Denmark melaporkan penembakan. - Polisi mengatakan pelaku penembakan di mal Kopenhagen mengalami masalah kesehatan mental. (Photo by Olafur Steinar Gestsson / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT 

TRIBUNNEWS.COM - Polisi Denmark mengatakan bahwa tersangka dalam penembakan di sebuah pusat perbelanjaan Kopenhagen diketahui mengalami masalah kesehatan mental, Senin (4/7/2022).

Diberitakan sebelumnya, akibat penembakan tersebut tiga orang tewas.

"Tersangka kami juga dikenal di antara layanan psikiatri, di luar itu saya tidak ingin berkomentar," kata kepala polisi Kopenhagen Soren Thomassen dalam konferensi pers, seperti dilansir CNA.

Thomassen menambahkan bahwa para korban tampaknya telah ditargetkan secara acak dan tidak ada indikasi bahwa itu adalah tindakan teror.

"Penilaian kami adalah bahwa para korban itu acak, tidak dimotivasi oleh jenis kelamin atau sesuatu yang lain," kata Thomassen.

Kepala polisi belum bisa mengomentari motifnya, tetapi mengatakan tampaknya ada persiapan sebelum serangan itu.

Baca juga: Tiga Orang Tewas dalam Penembakan di Mal Kopenhagen Denmark

Polisi juga mengatakan bahwa tersangka berusia 22 tahun itu tidak dibantu oleh orang lain.

BERITA REKOMENDASI

"Seperti yang terjadi, sepertinya dia bertindak sendiri," katanya.

Tiga orang yang tewas telah diidentifikasi sebagai seorang remaja putri dan laki-laki Denmark, keduanya berusia 17 tahun, dan seorang warga negara Rusia berusia 47 tahun yang tinggal di Denmark.

Petugas polisi dan penyelamat terlihat di depan pusat perbelanjaan Fields di Oerested di Kopenhagen, pada 3 Juli 2022, setelah penembakan terjadi di pusat perbelanjaan. - Tembakan di mal Kopenhagen pada 3 Juli 2022 menyebabkan beberapa orang tewas dan beberapa terluka, kata polisi Denmark, menambahkan mereka telah menangkap satu orang berusia dua puluhan. (Photo by Olafur Steinar Gestsson / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT
Petugas polisi dan penyelamat terlihat di depan pusat perbelanjaan Fields di Oerested di Kopenhagen, pada 3 Juli 2022, setelah penembakan terjadi di pusat perbelanjaan. - Tembakan di mal Kopenhagen pada 3 Juli 2022 menyebabkan beberapa orang tewas dan beberapa terluka, kata polisi Denmark, menambahkan mereka telah menangkap satu orang berusia dua puluhan. (Photo by Olafur Steinar Gestsson / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT (AFP/OLAFUR STEINAR GESTSSON)

Empat lainnya terluka dalam penembakan itu yakni dua wanita Denmark, berusia 19 dan 40 tahun, dan dua warga negara Swedia, seorang pria berusia 50 tahun dan seorang wanita berusia 16 tahun.

Polisi mengkonfirmasi bahwa tersangka penembak berada di mal pada saat penembakan dan diketahui polisi "tetapi hanya di luar".

Dalam beberapa gambar, pemuda itu terlihat berpose dengan senjata, meniru gerakan bunuh diri dan berbicara tentang pengobatan psikiatri yang gagal.

Penembakan itu terjadi Minggu sore di pusat perbelanjaan Fields, yang terletak di antara pusat kota dan bandara Kopenhagen.

Orang-orang terlihat berlarian saat polisi mengevakuasi pusat perbelanjaan Fields di Kopenhagen, Denmark, pada 3 Juli 2022 setelah media Denmark melaporkan penembakan. - Tembakan di sebuah mal Kopenhagen menyebabkan beberapa orang tewas, dan beberapa polisi Denmark yang terluka mengatakan. (Photo by Olafur Steinar Gestsson / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT
Orang-orang terlihat berlarian saat polisi mengevakuasi pusat perbelanjaan Fields di Kopenhagen, Denmark, pada 3 Juli 2022 setelah media Denmark melaporkan penembakan. - Tembakan di sebuah mal Kopenhagen menyebabkan beberapa orang tewas, dan beberapa polisi Denmark yang terluka mengatakan. (Photo by Olafur Steinar Gestsson / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT (AFP/OLAFUR STEINAR GESTSSON)

Menurut polisi, penembak itu dipersenjatai dengan senapan, pistol, dan pisau.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas