Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Massa Diberondong Saat Parade Hari Kemerdekaan AS, Presiden Joe Biden Langsung Bereaksi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan kekagetannya atas insiden penembakan di parade Hari Kemerdekaan pada hari Senin.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Massa Diberondong Saat Parade Hari Kemerdekaan AS, Presiden Joe Biden Langsung Bereaksi
Jim Vondruska/Getty Images/AFP Jim Vondruska / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty
HIGHLAND PARK, IL - 04 JULI: Responden pertama membawa korban dari lokasi penembakan massal pada parade Empat Juli pada 4 Juli 2022 di Highland Park, Illinois. Setidaknya enam orang tewas dan 19 terluka, menurut laporan yang diterbitkan. 

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan kekagetannya atas insiden penembakan di parade Hari Kemerdekaan pada hari Senin.

Presiden Joe Biden mengatakan dia dan Ibu Negara Jill Biden "terkejut dengan kekerasan senjata yang tidak masuk akal" di Highland Park, Illinois, di mana sedikitnya enam orang tewas dan 24 terluka
.
Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat, menawarkan dukungan penuh dari pemerintah federal dan penegak hukum "untuk membantu dalam pencarian mendesak untuk penembak, yang masih buron saat ini," sambil mendesak anggota masyarakat untuk “mengikuti bimbingan dari kepemimpinan di lapangan.”

“Saya baru-baru ini menandatangani undang-undang reformasi senjata bipartisan besar pertama dalam hampir tiga puluh tahun menjadi undang-undang, yang mencakup tindakan yang akan menyelamatkan nyawa.

Baca juga: Berita Foto : Enam Tewas Akibat Penembakan Saat Pawai Kemerdekaan AS




Tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan saya tidak akan menyerah memerangi epidemi kekerasan senjata,” tambahnya.

Saat perburuan tersangka berlanjut, polisi telah mengidentifikasi orang yang berkepentingan sebagai Robert 'Bobby' Crimo yang berusia 22 tahun, yang diyakini "bersenjata dan sangat berbahaya."

Penembak melepaskan tembakan ke parade dari atap gedung komersial sekitar pukul 10:15 pada hari Senin, melukai puluhan dan membuat ratusan, termasuk keluarga dengan anak-anak, melarikan diri dengan panik.

Pihak berwenang mengkonfirmasi bahwa lima orang dewasa tewas di tempat kejadian, sementara korban keenam meninggal di rumah sakit.

BERITA TERKAIT

Pria bersenjata itu, yang diyakini pihak berwenang bertindak sendiri, melarikan diri dari tempat kejadian, meninggalkan "senapan bertenaga tinggi" di belakang.

Agen dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak sedang melakukan pelacakan darurat terhadap senjata tersebut, kata juru bicara badan tersebut kepada AP.

Pelaku Ditangkap

Sementara BBC melaporkan, polisi telah menangkap dan menahan seseorang yang diduga sebagai pria bersenjata yang menembak dari atap, menyebabkan enam orang tewas, saat parade Hari Kemerdekaan Amerika Serikat di dekat kota Chicago.

Gubernur Illinois Jay Robert Pritzker memperingatkan bahwa penembakan massal kini telah menjadi "tradisi mingguan Amerika".

"Akan ada orang yang mengatakan bahwa hari ini bukan waktunya, bahwa sekarang bukan waktunya untuk berbicara tentang senjata. Saya katakan kepada Anda bahwa tidak ada hari yang lebih baik dan tidak ada waktu yang lebih baik dibandingkan sekarang," katanya dalam jumpa pers.

"Bapak bangsa kita membawa senapan - bukan senjata serbu," kata Gubernur dari Partai Demokrat itu menekankan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas