Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Kenang Shinzo Abe sebagai 'Pemimpin Bersejarah'

Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mengaku sangat terkejut dan sedih saat mengetahui kabar bahwa mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Erik S
zoom-in Ketua DPR AS Nancy Pelosi Kenang Shinzo Abe sebagai 'Pemimpin Bersejarah'
Kolase Foto Tribunnews
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengaku sangat terkejut dan sedih saat mengetahui kabar bahwa mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tewas setelah mengalami dua luka tembak. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengaku sangat terkejut dan sedih saat mengetahui kabar bahwa mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tewas setelah mengalami dua luka tembak.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu (9/7/2022), ia pun menyebut mendiang Abe sebagai 'pemimpin bersejarah, teman berharga bagi Amerika, serta juara perdamaian dan kemakmuran  untuk Jepang dan seluruh dunia'.

Baca juga: Pistol Rakitan Pembunuh Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ternyata Bukan Hanya Satu

"Merupakan hak istimewa bagi Anggota Kongres saat (mantan) Perdana Menteri Abe menyampaikan pidato di Sidang Gabungan Kongres pada 2015. Belakangan tahun itu, saya merasa sangat terhormat untuk menerima Grand Cordon of the Rising Sun dari Kaisar Akihito, di hadapan Abe," kata Pelosi.

Pelosi berharap keluarga Abe dan rakyat Jepang memperoleh ketabahan setelah kepergian Perdana Menteri terlama di Jepang itu.

"Semoga menjadi penghiburan bagi istri Perdana Menteri Abe, Akie (istri Abe), bagi keluarga mereka dan bagi orang-orang Jepang bahwa begitu banyak orang di Amerika dan di seluruh dunia berdoa bersama mereka selama masa yang mengerikan ini," tegas Pelosi.

Perlu diketahui, mantan Shinzo Abe, termasuk pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah pascaperang Jepang, dinyatakan meninggal dunia pada Jumat sore waktu setempat.

BERITA REKOMENDASI

Dikutip dari laman The Japan Times, Jumat (8/7/2022), ia menghembuskan nafas terakhirnya setelah ditembak saat sedang menyampaikan pidatonya dalam kampanye untuk anggota partainya di kota Nara.

Perdana Menteri Fumio Kishida sebelumnya menggambarkan bahwa Abe sedang dalam 'kondisi serius' setelah tidak sadarkan diri pasca mengalami tembakan pada bagian leher dan dada.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal, Jusuf Kalla Ucapkan Belasungkawa dan Merasa Kehilangan

Beberapa jam setelah penembakan, Abe dinyatakan meninggal pada usia 67 tahun.

Terkait jejak politiknya, Abe merupakan Perdana Menteri terlama di Jepang, dengan dua masa jabatan dari periode 2006 hingga 2007 dan 2012 hingga 2020.

Masa jabatan Abe diwarnai oleh skandal dan perselisihan, dan ia akhirnya mengundurkan diri dengan alasan kesehatan yang buruk.

Dirinya kemudian mengakui bahwa ia sedang menderita penyakit yang didiagnosis sebagai kolitis ulserativa.

Kendati mengaku sedang sakit, Abe tetap mendominasi Partai Demokrat Liberal (LDP).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas