Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kishida Sambut Kemenangan Besar Partai LDP, tapi Tak Tersenyum karena Ingat Kematian Shinzo Abe

Perdana Menteri Fumio Kishida menyambut kemenangan besar partai LDP tetapi tidak tersenyum karena meningat kematian Shinzo Abe.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kishida Sambut Kemenangan Besar Partai LDP, tapi Tak Tersenyum karena Ingat Kematian Shinzo Abe
AFP/STR
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida saat mengadakan konferensi pers di kantor perdana menteri di Tokyo pada 8 Juli 2022. - Perdana Menteri Fumio Kishida menyambut kemenangan besar partai LDP tetapi tidak tersenyum karena meningat kematian Shinzo Abe. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat Liberal Jepang (LDP) meraih kemenangan besar dalam pemilihan parlemen pada Minggu (10/7/2022), AP News melaporkan.

Meski demikian, Perdana Menteri Fumio Kishida tidak tersenyum karena mengingat kehilangan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe dan tugas berat untuk menyatukan partainya tanpa dia.

"Persatuan partai lebih penting dari apa pun," kata Kishida dalam wawancara dengan media pada Minggu (10/7/2022) malam.

LDP dan mitra koalisi juniornya Komeito meningkatkan pangsa gabungan mereka di 248 kursi menjadi 146 kursi dalam pemilihan untuk setengah kursi di majelis tinggi yang kurang kuat.

Dengan dorongan tersebut, Perdana Menteri Fumio Kishida berdiri untuk memerintah tanpa gangguan sampai pemilihan yang dijadwalkan pada tahun 2025.

Baca juga: Kemenangan LDP di Pemilu Majelis Tinggi Jepang Dipicu Simpati Masyarakat atas Terbunuhnya Shinzo Abe

Itu akan memungkinkan Kishida untuk mengerjakan kebijakan jangka panjang seperti keamanan nasional, kebijakan ekonomi "kapitalisme baru", dan tujuan lama partainya untuk mengubah konstitusi pasifis pascaperang rancangan AS.

Proposal perubahan piagam sekarang menjadi mungkin.

BERITA REKOMENDASI

Dengan bantuan dua partai oposisi yang mendukung perubahan piagam, blok pemerintahan sekarang memiliki dua pertiga mayoritas di majelis yang diperlukan untuk mengusulkan amandemen.

Lebih lanjut, Kishida mengatakan tanggapan terhadap Covid-19, invasi Rusia ke Ukraina dan kenaikan harga akan menjadi prioritasnya.

Dia mengatakan pemerintah juga akan terus mendorong untuk memperkuat keamanan nasional Jepang serta amandemen konstitusi.

Kishida dan anggota parlemen senior partai mengheningkan cipta untuk Abe di markas pemilihan partai sebelum menempelkan pita kemenangan di papan tulis di sebelah nama kandidat yang mengamankan kursi mereka.

Abe, 67, ditembak saat memberikan pidato kampanye di kota barat Nara pada hari Jumat dan meninggal karena kehilangan banyak darah.

Dia adalah pemimpin politik terlama di Jepang selama dua masa jabatan.

Meskipun mengundurkan diri pada 2020, tapi Abe sangat berpengaruh di LDP saat memimpin faksi terbesarnya, Seiwakai.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas