Tribun

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak

Akie Abe Isteri Mantan PM Shinzo Abe, Apakah Akan Maju ke Dunia Politik Jepang?

Shinzo Abe dan Akie Abe belum dikaruniai anak. Di sisi lain, ibu mantan Perdana Menteri Abe, Yoko, adalah mantan anggota DPR, politisi.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Akie Abe Isteri Mantan PM Shinzo Abe, Apakah Akan Maju ke Dunia Politik Jepang?
Foto Kodansha
Akie Abe dalam kesedihan di dalam mobil jenazah mengantar kepergian suaminya selamanya 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dengan meninggalnya mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, diharapkan pemilihan sela akan diadakan di distrik ke-4 Dewan Perwakilan Yamaguchi pada bulan April tahun depan.

 Sementara keterkejutan penembakan belum mereda, "masalah penerus" telah muncul di antara   orang-orang yang terlibat dalam keluarga Abe dan orang-orang dari asosiasi pendukung kelompok Abe di  prefektur Yamaguchi setempat.

Seperti diketahui, Shinzo Abe dan Akie Abe belum dikaruniai anak. Di sisi lain, ibu mantan Perdana Menteri Abe, Yoko, adalah mantan anggota DPR, politisi.

"Keluarga Abe antara lain Shintaro Abe, mantan Perdana Menteri Nobusuke Kishi, mantan Perdana Menteri Eisaku Sato, dan keluarga Abe lainnya telah melahirkan banyak politisi besar, juga ingin tetap hidup (survive). Inilah menurut rumor yang ada merupakan salah satu penyebab hubungan yang rapuh antara Akie dan Yoko," ungkap sumber Tribunnews.com Rabu (13/7/2022).

Dilaporkan beberapa kali di masa lalu bahwa Yoko berusaha untuk menggantikan putra Hironobu, putra tertua  dari  saudara dari  Abe.

“Putra sulung Hironobu adalah seorang pemuda yang sangat berbakat yang lulus dari Universitas Keio. Namun, dia enggan terjun ke dunia politik sejak dia masih mahasiswa, dan sekarang dia bekerja di sebuah perusahaan perdagangan besar. Sepertinya tidak ada hal seperti itu,” sanggah seorang pendukung Mantan Perdana Menteri Abe.

Masalah penerus yang telah dipegang oleh keluarga Abe sampai sekarang telah berkembang pesat oleh keadaan yang tidak terduga.

Ada dua langkah yang muncul sekarang. Yang pertama adalah bahwa Akie Abe (isteri almarhum Shinzo Abe) akan mengadopsi anak dari adik mantan Perdana Menteri Abe, Nobuo Kishi, Menteri Pertahanan, dan menjadikannya seorang penerus. Dalam hal ini, putra kedua akan bergabung dengan keluarga Abe alih-alih putra tertua, Nobuo Kishi, yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Menteri Pertahanan Kishi.

"Yoko pernah mengadopsi anak kandungnya, Nobuo, ke keluarga Kishi, yang tidak memiliki penerus, dan membiarkan Nobuo membesarkannya tanpa mengetahui faktanya sampai dia menjadi mahasiswa."

Namun, ada banyak rintangan untuk mencapai ini. Pertama-tama, apakah  Akie setuju atau tidak. 

"Dulu, Akie mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Bungei Shunju bahwa suaminya telah menyarankan agar dia diadopsi, tapi itu hanya mungkin karena Shinzo ada di sana. Kini saya tidak bisa berbicara dengan Shinzo atau mendengar pendapatnya lagi.  Meskipun dmeikian aku rasa Akie sendiri tidak akan menyetujui lamaran Yoko. Pertama-tama, Akie jauh dari Yoko,” papar sumber itu lagi.

Selain itu, keluarga  Akie sendiri juga harus diperhatikan. Akie Matsuzakie nama asli Akie Abe, adalah putri dari pendiri Morinaga Co.Ltd. Keluarga kaya raya.

 "Akie juga seorang nona muda, jadi jika kisah adopsi menjadi nyata, perlu mendengar niat keluarga Matsuzaki dan mendapatkan persetujuan mereka."

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas