Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tentara Bayaran Ukraina asal AS Tertangkap, Minta Tolong Pemerintah Washington

Alexander Drueke, mantan tentara AS yang bertempur di Ukraina meminta pertolongan pemerintah Washington agar memulangkannya dari Ukraina.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Tentara Bayaran Ukraina asal AS Tertangkap, Minta Tolong Pemerintah Washington
AFP/HANDOUT
Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina berbaring di tandu di dalam kendaraan saat mereka bersiap untuk dikawal oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di Kota pelabuhan Mariupol di Ukraina. (Photo by Handout / Russian Defence Ministry / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, DONETSK – Alexander Drueke, mantan tentara AS yang pergi berperang ke Ukraina, tertangkap di Kharkof, Ukraina.

Ia ditahan pasukan Republik Rakyat Donetsk. Lewat rekaman video, Drueke meminta pertolongan pemerintah AS di Washington.  

Warga Alabama itu lewat testimoni video mengaku diperlakukan baik oleh pasukan yang menahannya.

Rekaman video itu ditayangkan situs analisis intelijen Southfront.org, Selasa (19/7/2022). Tim pengelola situs itu menerima bahannya dari otoritas di Donetsk.

Baca juga: Tentara Bayaran Asal Inggris Meninggal Dalam Tahanan, Sakit dan Stres Negaranya Tak Peduli

Baca juga: AS-Rusia Gagal Bicarakan Tentara Bayaran, Nasib Huynh dan Drueke Makin Tak Jelas

Baca juga: Nasib Dua Tentara Bayaran AS di Ukraina, Terancam Vonis Mati, Terkatung-katung Diabaikan Negaranya

Alexander Drueke mengaku tertangkap 9 Juni 2022 di luar kota Kharkof. “Selama ditahan saya diperlakukan sangat baik. Saya punya makanan dan air,” kata Drueke.

“Saya memiliki akses ke bantuan hukum dan perawatan medis jika diperlukan. Tapi, tentu saja, saya lebih suka kembali ke rumah bersama keluarga saya,” lanjutnya.

“Jadi, saya memohon kepada pemerintah AS untuk menemukan cara mengembalikan saya ke rumah,” pintanya.

BERITA TERKAIT

“Saya mengerti telah terjadi pertukaran tahanan antara Ukraina dan Rusia. Jadi, itu mungkin pilihan yang memungkinkan untuk membawaku pulang,” kata veteran perang di Irak ini.

Drueke menghargai jika pemerintah AS memilih opsi apapun untuk mewujudkan keinginannya kembali pulang ke Alabama.

“Saya telah diizinkan untuk menghubungi pejabat pemerintah AS selama penahanan saya dan saya belum mendapat jawaban konkret tentang langkah apa yang mereka ambil untuk mengamankan pembebasan saya,” katanya.

“Jika ada, tetapi saya akan sekali lagi meminta agar pemerintah AS melakukan segala yang mereka bisa untuk mencoba membebaskan saya,” kata Drueke.

Pernah Turut Berperang di Irak 

Alexander Drueke lahir 1982, adalah penduduk asli Tuscaloosa, Alabama. Ia memiliki pendidikan tinggi di bidang manajemen.

Masuk jadi tentara cadangan Angkatan Darat AS, Drueke mengambil bagian dalam operasi militer ke Irak lewat divisi transportasi 942.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas