Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sri Lanka Tolak Pemimpin Baru: Ranil Wickremesinghe Bukan Presiden Kami, Dia Lebih Licik

Para pengunjuk rasa anti-pemerintah kembali turun ke jalan setelah Ranil Wickremesinghe terpilih sebagai presiden baru Sri Lanka.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Sri Lanka Tolak Pemimpin Baru: Ranil Wickremesinghe Bukan Presiden Kami, Dia Lebih Licik
AFP
Presiden Sri Lanka yang baru terpilih Ranil Wickremesinghe berbicara kepada perwakilan media selama kunjungannya di kuil Buddha Gangaramaya di Kolombo pada 20 Juli 2022. Presiden terpilih Sri Lanka pada 20 Juli berjanji untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang menggunakan apa yang disebutnya cara tidak demokratis yang menyebabkan penggulingan pendahulunya. Arun SANKAR / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Para pengunjuk rasa anti-pemerintah kembali ke jalan-jalan di ibu kota Sri Lanka, setelah parlemen memilih Ranil Wickremesinghe sebagai presiden baru negara itu.

Mereka mengatakan akan melanjutkan pemberontakan selama berminggu-minggu.

Ratusan pengunjuk rasa berkumpul di situs GotaGoGama di Kolombo pada hari Rabu (20/7/2022).

Di tempat itu juga, minggu lalu, para pengunjuk rasa merayakan pengunduran diri Gotabaya Rajapaksa sebagai Presiden Sri Lanka.

Berbicara kepada orang banyak, para pemimpin protes menolak untuk menerima Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe sebagai kepala negara baru.

Ranil yang telah enam kali menjabat sebagai perdana menteri dianggap bertanggung jawab atas krisis ekonomi dan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya di Sri Lanka.

Baca juga: Profil Ranil Wickremesinghe, Presiden Baru Sri Lanka yang Pernah 6 Kali Jadi Perdana Menteri

“Seperti yang Anda ketahui, parlemen memilih presiden baru hari ini, tetapi presiden itu bukan orang baru bagi kami, itu bukan mandat rakyat,” kata Wasantha Mudalige, pemimpin Federasi Mahasiswa Antar Universitas, seperti dilansir Al Jazeera.

BERITA REKOMENDASI

“Kami berhasil mendepak Gotabaya Rajapaksa yang memperoleh 6,9 juta suara, tetapi Ranil Wickremesinghe kini telah mengamankan kursi itu dari kursi belakang."

"Ranil bukan presiden kita. Mandat rakyat ada di jalanan," tambahnya.

Para pengunjuk rasa juga menuduh Ranil membuat kesepakatan dengan keluarga Rajapaksa yang berkuasa untuk mengalahkan saingan politiknya.

Demonstran mengambil bagian dalam protes anti-pemerintah di luar kantor perdana menteri Sri Lanka di Kolombo pada 13 Juli 2022. - Ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah menyerbu ke kantor Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe pada 13 Juli, beberapa jam setelah ia disebutkan namanya. sebagai penjabat presiden, kata saksi.
 (Photo by AFP)
Demonstran mengambil bagian dalam protes anti-pemerintah di luar kantor perdana menteri Sri Lanka di Kolombo pada 13 Juli 2022. - Ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah menyerbu ke kantor Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe pada 13 Juli, beberapa jam setelah ia disebutkan namanya. sebagai penjabat presiden, kata saksi. (Photo by AFP) (AFP/-)

Penunjukan Gotabaya Rajapaksa atas Ranil sebagai perdana menteri pada bulan Mei dan kemudian penjabat presiden setelah ia meninggalkan negara itu pada bulan Juli, semakin membuat marah para pengunjuk rasa yang ingin elit penguasa negara itu pergi.

Para pengunjuk rasa membakar kediaman pribadi Ranil dan menduduki kantornya selama protes pekan lalu.

Pada protes hari Rabu, pembicara demi pembicara, termasuk biksu Buddha, pendeta Katolik, mahasiswa dan seniman, menolak untuk mendukung pilihan parlemen.

“Ranil Wickremesinghe harus tahu bahwa jutaan orang di jalanan jauh lebih besar dari 134 orang,” kata seniman Jagath Manuwarna, merujuk pada 134 anggota parlemen yang memilih Wickremesinghe.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas