Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jurnalis Inggris Bicara Masuk Daftar Mirotvorets Ukraina Berarti Kematian

Jurnalis Press TV asal Inggris Johnny Miller menyebut siapa yang masuk daftar hitam versi Mirotvorets Ukraina berarti kematian.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Jurnalis Inggris Bicara Masuk Daftar Mirotvorets Ukraina Berarti Kematian
AFP/ALEXANDER NEMENOV
Tentara Rusia berpatroli di kota Mariupol pada 12 April 2022 saat pasukan Rusia mengintensifkan kampanye merebut kota pelabuhan yang strategis, di Ukraina timur. Presiden Rusia. Photo by Alexander NEMENOV/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Koresponden Press TV asal Inggris, Johnny Miller, mengatakan dirinya sudah masuk daftar hitam versi kelompok aktivis Ukraina.

Orang-orang yang masuk daftar hitam yang dipublikasikan secara online itu memiliki potensi bahaya kematian atau dilikuidasi oleh elemen-elemen Ukraina.  

Dalam sebuah wawancara eksklusif, Johnny Miller yang bertugas di Ukraina barat mengatakan jika Anda ditambahkan ke daftar sasaran Mirotvorets, berarti "Anda sudah mati."

Mirotvorets atau yang bermakna “Pembawa Damai” dibuat oleh elemen-elemen nasionalis Ukraina. Isinya daftar tokoh yang dianggap musuh mereka dan harus dihabisi.

Mirotvorets merupakan nama Orwellian untuk daftar sasaran, menurut Miller sudah ada sejak revolusi/kudeta Ukraina pada 2014.

Baca juga: Batalyon Azov Ukraina Laboratorium Nyata Nazisme dan Fasisme

Baca juga: Relawan Prancis Saksikan Kejahatan Perang Pasukan Ukraina dan Milisi NeoNazi Azov

Baca juga: Ini Sikap dan Pujian Presiden Ukraina Volodymir Zelensky ke Batalyon Neo Nazi Azov

Miller mengetahui dia menjadi sasaran kelompok siluman pada Kamis pekan lalu setelah menghubungi operator Mirotvorets.

Ia bermaksud meminta komentar tentang peran mereka dalam melakukan doxxing terhadap Faina Savenkova, seorang gadis berusia 13 tahun yang tinggal di Lugansk.

BERITA TERKAIT

“Saya menghubungi mereka untuk sebuah pernyataan. Mereka tidak menjawab. Mereka memasukkan saya ke dalam daftar, ”kata Miller. "Itu diteliti dengan sangat baik," imbuhnya.

Miller menjelaskan operator "Mirotvorets Centre," bukan orang gila, yang hanya menulis nama di situs web.

“Mereka telah melihat semua laporan saya, mereka telah merinci pekerjaan saya, merinci apa yang saya katakan, memasang gambar dari semua yang telah saya lakukan,” katanya.

“Mereka memasukkan nomor telepon mereka, mereka memasukkan alamat rumah mereka, dan menelepon mereka sebagai musuh negara,” lanjutnya.

Dalam kasus Miller, arsip tentang dirinya mengandung data palsu. Pusat organisasi itu memasukkannya sebagai pekerja layanan khusus Rusia di Donetsk.

“Tidak, saya hanya jurnalis independen,” jelasnya.

Seperti yang telah ditunjukkan oleh banyak pengamat, ada alasan untuk percaya Mirotvorets terhubung ke intelijen Ukraina.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas