Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jenderal AS Mark Milley Peringatkan China Kini Lebih Agresif dan Berbahaya

Dalam kunjungannya ke Indo-Pasifik, Jenderal Mark Milley memperingatkan bahwa China lebih agresif dan berbahaya selama lima tahun terakhir ini.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Jenderal AS Mark Milley Peringatkan China Kini Lebih Agresif dan Berbahaya
TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN
Panglima Militer AS General Mark A. Milley (baju loreng abu-abu) berkunjung ke Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022). Dalam kunjungan tersebut Panglima Militer AS disambut Panglima TNI Jend. TNI. Andika Perkasa, mereka bicarakan tentang latihan perang antara militer AS dengan TNI. - Dalam kunjungannya ke Indo-Pasifik, Jenderal Mark Milley memperingatkan bahwa China lebih agresif dan berbahaya selama lima tahun terakhir ini. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat, Jenderal Mark Milley memperingatkan China menjadi lebih agresif dan berbahaya selama lima tahun terakhir.

Hal ini diungkapkan Milley selama perjalanannya ke Indo-Pasifik yang salah satunya agendanya singgah ke Indonesia pada Minggu (24/7/2022).

Panglima militer AS ini mengatakan bahwa jumlah penyadapan oleh pesawat dan kapal China di kawasan Pasifik meningkat secara signifikan.

"Pesannya adalah militer China, di udara dan di laut, telah menjadi lebih agresif secara signifikan di wilayah tertentu ini," kata Milley pada Minggu (24/7/2022), dikutip dari The Guardian

Ia berkomentar demikian dalam perjalanan untuk bertemu dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Jakarta di hari yang sama.

Bersamaan dengan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Beijing untuk melakukan kunjungan dari tanggal 25 - 26 Juli 2022 untuk bertemu Presiden China Xi Jinping.

Baca juga: BERITA FOTO: Panglima Tentara Amerika Temui Panglima TNI Jenderal Andika, Singgung Militer China

Baca juga: Panglima TNI Tegaskan Satu Kontainer Senjata US Army di Pelabuhan Panjang Bukan Barang Ilegal

Ini menjadi yang pertama dalam dua tahun, seorang pemimpin asing diterima secara individu oleh Beijing selain dari Olimpiade Musim Dingin Februari.

BERITA TERKAIT

Perjalanan Milley ke Indo-Pasifik fokus pada ancaman China.

Ia akan menghadiri pertemuan dengan kepala pertahanan Indo-Pasifik minggu depan di Australia.

Topik utama yang akan dibahas yakni pertumbuhan militer China yang meningkat dan kebutuhan untuk mempertahankan Pasifik yang bebas, terbuka, dan damai.

Para pejabat militer AS juga telah memperingatkan tentang kemungkinan China menyerang Taiwan pada tahun 2027.

AS juga khawatir dengan perjanjian keamanan yang ditandatangani Beijing pada bulan April dengan Kepulauan Solomon, dapat mengarah pada pembentukan pangkalan angkatan laut China di Pasifik Selatan.

AS dan Australia telah mengecam Kepulauan Solomon jika menjadi tuan rumah pangkalan militer Beijing.

"Ini adalah area di mana China mencoba melakukan penjangkauan untuk tujuan mereka sendiri – dan sekali lagi, ini mengkhawatirkan karena China tidak melakukannya hanya untuk alasan yang tidak berbahaya," kata Milley kepada wartawan menyertai lawatannya.

Panglima Militer AS  General Mark A. Milley (baju loreng abu-abu) berkunjung ke Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022). Dalam kunjungan tersebut Panglima Militer AS disambut Panglima TNI Jend. TNI. Andika Perkasa, mereka bicarakan tentang latihan perang antara militer AS dengan TNI. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN
Panglima Militer AS General Mark A. Milley (baju loreng abu-abu) berkunjung ke Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022). Dalam kunjungan tersebut Panglima Militer AS disambut Panglima TNI Jend. TNI. Andika Perkasa, mereka bicarakan tentang latihan perang antara militer AS dengan TNI. - Dalam kunjungannya ke Indo-Pasifik, Jenderal Mark Milley memperingatkan bahwa China lebih agresif dan berbahaya selama lima tahun terakhir ini. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN (TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas