Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kepala Intel Austria Peringatkan Potensi Rusuh saat Puncak Krisis Energi

Kepala Intelijen Austria memperingatkan potensi huru-hara saat puncak kesulitan energi melanda negara itu musim gugur tahun ini.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Kepala Intel Austria Peringatkan Potensi Rusuh saat Puncak Krisis Energi
The Guardian/AFP
ILUSTRASI - Presiden Rusia Vladimir Putin tetap mengharuskan Uni Eropa membayar gas yang dibelinya dari Rusia dengan rubel. Bagi yang menolak pasokan gasnya akan dihentikan, termasuk Austria. Foto Presiden Vladimir Putin saat meresmikan jaringan pipa gas Rusia di Vladivostok, 2011. 

TRIBUNNEWS.COM, WINA - Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Austria (DSN) Omar Haijawi-Pirchner memperingatkan kemungkinan kerusuhan di negara itu di tengah kemungkinan krisis energi musim gugur ini.

"Kami belum melihat kerusuhan di jalanan. Tapi kebencian di internet jelas meningkat,” katanya memperingatkan dikutip Sputniknews, Kamis (28/7/2022).

“Setiap krisis berarti keputusasaan bagi sebagian orang pertama-tama dapat berubah menjadi tindakan verbal dan kemudian bahkan menjadi kekerasan," lanjut Haijawi-Pirchner kepada surat kabar Austria, Kronen Zeitung.

Ia menjawab pertanyaan apakah dinas keamanan memiliki perkiraan potensi kerusuhan di musim gugur atas latar belakang kemungkinan krisis energi.

Haijawi-Pirchner menyebut, dinas rahasia negaranya menghitung jumlah warga Austria yang berpartisipasi dalam konflik di Ukraina bisa mencapai dua digit.

Baca juga: Rusia Pangkas Pasokan Gas, Austria Operasikan Pembangkit Listrik Tenaga Batu Bara

Baca juga: Kanselir Austria Ancam Rebut Depot Gas Terbesar Rusia di Salzburg

Baca juga: Austria Tegaskan Mereka Netral, Belum Ingin Jadi Anggota NATO

"Kontra-intelijen mengetahui angka dua digit kecil," katanya menanggapi pertanyaan tentang berapa banyak orang Austria yang terlibat dalam aksi militer di Ukraina.

Layanan khusus baru Austria, sebuah divisi dari Kementerian Dalam Negeri, mulai bekerja Desember lalu sebagai hasil dari reformasi struktur setelah serangan teroris di Wina November 2020.

BERITA REKOMENDASI

Austria termasuk negara Eropa yang menjatuhkan sanksi beruntun ke Rusia menyusul peperangan di Ukraina.

Austria juga masuk daftar negara yang tidak bersahabat di mata Rusia, dan berisiko tidak akan mendapatkan pasokan gas dan minyak dari Rusia.

Jerman Menuju Puncak Krisis

Negara lain yang sedang terguncang adalah Jerman. Negara industri terbesar di Eropa itu sedang menuju krisis besar energi.

Hal ini dikemukakan editor senior di salah satu surat kabar paling berpengaruh di negara itu, Die Welt.

“Tidak hanya harga gas mendekati rekor tertinggi, tetapi harga listrik khususnya menandakan tekanan,” Holger Zschaepitz, editor senior di meja ekonomi dan keuangan harian, menulis di Twitter.

Dalam apa yang dia sebut sebagai "grafik horor" yang dia posting dengan tweetnya, Zschaepitz menunjukkan harga listrik telah mencapai hampir €400 per megawatt jam pada pertukaran energi, atau €0,40 per kilowatt-jam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas