Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunjungan Nancy Pelosi ke Sejumlah Negara Asia Bikin Marah China

Rencana Nancy Pelosi mengunjungi sejumlah negara Asia pekan ini dengan menumpangi kapal induk USS Ronald Reagan membuat marah Pemerintah China.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kunjungan Nancy Pelosi ke Sejumlah Negara Asia Bikin Marah China
AP
Keinginan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mengunjungi sejumlah negara Asia membuat Pemerintah China marah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com  Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Ketegangan China dengan Amerika Serikat kian memanas setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi mengungkap rencananya mengadakan tur ke sejumlah negara di Asia seperti Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang pada pekan ini.

Nancy Pelosi berangkat dari Guam menggunakan pesawat terbang ke Singapura. Sementara, posisi kapal induk USS Ronald Reagan saat ini berada di Selat Bernardino di dekat Filipina yang berdekatan dengan Laut China Selatan.

“Di Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang, delegasi kami akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas bagaimana kami dapat lebih memajukan kepentingan dan nilai bersama kami, termasuk perdamaian dan keamanan, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan, pandemi COVID-19, iklim. krisis, hak asasi manusia dan pemerintahan yang demokratis," ujar Nancy Pelosi.

Hasil pelacakan lembaga think tank China yang berbasis di Beijing, SCSPI, menyebutkan, kapal induk USS Ronald Reagan dan kapal penyerang yang menyertainya yang mencakup kapal perusak peluru kendali dan kapal penjelajah peluru kendali, berangkat dari Singapura pada 25 Juli, menuju Laut China Selatan.

Pada 28 Juli 2022 kemarin, pejabat Armada Ketujuh Angkatan Laut AS mengkonfirmasi penempatan kapal induk ke wilayah Laut China Selatan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Kabar entang kapal induk Amerika di LCS muncul setelah China mengancam akan melakukan serangan militer jika Nancy Pelosi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, mengunjungi Taiwan.

BERITA TERKAIT

Seperti yang dilaporkan Eurasia Times sebelumnya, Pelosi dilaporkan akan memimpin delegasi ke Taiwan Agustus ini.

Kapal induk USS Ronald Reagan.
Kapal induk USS Ronald Reagan. (Wikipedia)

Meski tidak menyebutkan kemungkinan kunjungan ke Taiwan, rencana tur Nancy Pelosi ke Asia untuk mempererat kemitraan AS dengan sejumlah negara di kawasan Indo-Pasifik, telah mamatik amarah Pemerintah China.

Presiden Xi Jinping menganggap langkah AS  tersebut dapat mempengaruhi Taiwan yang masih bagian dari wilayah China.

Menurut China keberadaan AS hanya dianggap memperkeruh suasana panas dengan Taipei. Tak hanya itu AS juga dianggap terlalu ikut campur terkait permasalahan internal antara Beijing dengan Taiwan.

Hal inilah yang membuat China geram hingga nekat mengancam keselamatan Pelosi, apabila ketua DPR AS ini nekat melakukan kunjungan ke Taiwan.

Bahkan sebelum Nancy Pelosi melawat ke Asia, China diketahui tengah menggelar latihan militer di Selat Taiwan.

“AS tidak boleh mengatur agar Ketua Pelosi mengunjungi wilayah Taiwan dan harus menghentikan interaksi resmi dengan Taiwan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

Meski sejumlah pakar menyebut bahwa Presiden China Xi Jinping tak mungkin bertindak jauh untuk mengintimidasi Pelosi di Asia, untuk mencegah kemungkinan terburuk, angkatan militer AS saat ini dilaporkan sedang mengerjakan rencana darurat untuk mengawal perjalanan Pelosi ke Asia.

Baca juga: Jelang Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Asia, China Gelar Latihan Militer di Selat Taiwan

Dengan meningkatkan pergerakan pasukan dan asetnya di kawasan Indo-Pasifik, termasuk menambah penggunaan jet tempur, kapal, dan platform pengawasan untuk melindungi Pelosi dari ancaman China.

 “jika ada keputusan yang dibuat bahwa Ketua Pelosi atau siapa pun akan bepergian dan mereka meminta dukungan militer, kami akan melakukan apa yang diperlukan untuk memastikan perilaku yang aman. dari kunjungan mereka.” jelas ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley.

Baca juga: Ketua DPR AS Nancy Pelosi Dijadwalkan Kunjungi Taiwan Bulan Depan

Belum diketahui secara pasti apakah Pelosi dan rombongannya akan menggelar delegasi kongres ke Taiwan.

Namun mengutip dari Eurasian Times setelah merampungkan tur ke Asia, rombongan Pelosi akan singgah ke Hawai, untuk melakukan kunjungan ke Komando Pasifik AS dan memberikan penghormatan di Pearl Harbor Memorial dan USS Arizona.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas