Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menyerah di Azovstal, Ditahan di Donetsk, Mati Dibom Negaranya Sendiri

Anggota Batalyon Azov dan tentara Ukraina menyerah di Azovstal 20 Mei 2020, lalu ditawan di pusat detensi Elenovka. Pada 29 Juli 2022 mereka dibom.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Menyerah di Azovstal, Ditahan di Donetsk, Mati Dibom Negaranya Sendiri
Selebaran / Kementerian Pertahanan Rusia / AFP
Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang diambil pada 17 Mei 2022 dan dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 18 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina saat mereka digeledah oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepun. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Bukti-bukti kuat menunjukkan pusat penahanan Elenovka di Donetsk dihantam roket HIMARS yang dioperasikan pasukan Ukraina.

HIMARS ini senjata presisi tinggi buatan AS, yang telah dikirimkan ke Ukraina sebagai kekuatan baru Ukraina melawan paskan Rusia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa kini meluncurkan misi pencarian fakta untuk menyelidiki serangan yang menewaskan 53 tawanan, Sebagian besar anggota Batalyon Azov.

“Saya memutuskan sesuai kompetensi dan kekuatan saya sendiri untuk meluncurkan misi pencarian fakta,” kata Sekjen PBB Antonio Guterres Rabu (3/8/2022).

Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina saat mereka digeledah oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina. (Photo by Handout / Russian Defence Ministry / AFP)
Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina saat mereka digeledah oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina. (Photo by Handout / Russian Defence Ministry / AFP) (AFP/HANDOUT)

Menyerah di Azovstal 

Versi Kementerian Pertahanan Rusia dan otoritas Donetsk, serangan itu menewaskan 53 orang dan melukai lebih dari 70 orang.

Sebagian besar korban anggota Batalyon Azov, kelompok neo Nazi Ukraina yang ditangkap pasukan Rusia dalam pertempuran di pabrik baja Azovstal.

BERITA TERKAIT

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Kolonel Jenderal Alexander Fomin menjelaskan, tawanan itu menyerah secara sukarela pada pasukan Rusia, 20 Mei 2022 di Azovstal.

Komplek pabrik metalurgi raksasa itu dikepung pasukan Rusia selama sebulan lebih. Setiap hari dibombardir dari darat maupun udara.

Setelah menyerahkan diri, tawanan itu dibawa ke Elenovka oleh Polisi Militer Rusia. Komite Palang Merah Internasional dan utusan Ukraina mengawasi dan menyaksikan pemindahan ini.

Mereka juga meninjau pusat penahanan di Elenovka yang akan digunakan. ICRC menyatakan pusat penahanan itu layak dan memenuhi ketentuan hukum internasional.

Pada 28 Juli 2022, Dmitriy Kozatskyi, anggota Batalyon Azov memberikan testimoni publik tentang kejahatan perang kelompok neo Nazi itu dan pasukan Ukraina.

Kesaksian itu membungkam propaganda Ukraina dan Batalyon Azv tentang konflik di Donbass versi mereka.

Pada 28-29 Juli 2022, serangan roket HIMARS menghantam pusat penahanan Elenovka. Serangan diyakini dilakukan sengaja, terpilih dan presisi.  

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas