Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Angkatan Perang China Mulai Latihan Simulasi Serangan Militer ke Taiwan, Begini Reaksi Amerika

Pesawat dan kapal perang China mulai melakukan latihan simulasi serangan di Taiwan, Sabtu (6/8/2022) kemarin

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Angkatan Perang China Mulai Latihan Simulasi Serangan Militer ke Taiwan, Begini Reaksi Amerika
Fox News
Penembakan rudal balistik oleh angkatan perang Chinae dalamlatihan operasi militer di Selat Taiwan. LIma dari 9 rudal ini dilaporkan jatuh di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI - Para pejabat Taiwan mengabarkan pesawat dan kapal perang China mulai melakukan latihan simulasi serangan di Taiwan, Sabtu (6/8/2022) kemarin, sebagai bagian dari pembalasan Beijing atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan, yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya, telah mengundang kemarahan Beijing dan mendorong dilakukannya latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya di Taiwan, termasuk peluncuran rudal balistik yang ditembakkan ke ibu kota Taiwan, Taipei.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan beberapa kapal dan pesawat China melakukan misi di Selat Taiwan pada Sabtu kemarin, dan beberapa terlihat melintasi garis median yang memisahkan Taipei dan Beijing.

Militer Taiwan menggambarkan aktivitas militer di Selat Taiwan kemarin sebagai serangan simulasi.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkapkan Taipei telah mengerahkan jet untuk memperingatkan 20 pesawat China, termasuk 14 pesawat yang melintasi garis median.

Kementerian ini juga mendeteksi 14 kapal perang China berada di sekitar Selat Taiwan.

BERITA REKOMENDASI

Latihan militer China, yang berpusat di enam lokasi di sekitar Taiwan, dimulai pada Kamis (4/8/2022) kemarin dan dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (7/8/2022) siang ini.

Baca juga: China Putuskan Sejumlah Kontrak Kerjasama dengan AS Usai Nancy Pelosi Berkunjung ke Taiwan

Komando Teater Timur China mengatakan fokus latihan militer ini adalah untuk menguji kemampuan serangan darat dan serangan laut.

Juru bicara Gedung Putih menyebut tindakan China tersebut sebagai eskalasi dan dapat mengancam perdamaian serta stabilitas di Selat Taiwan.

"Kegiatan ini merupakan eskalasi yang signifikan dalam upaya China untuk mengubah status quo. Mereka provokatif, tidak bertanggung jawab dan meningkatkan risiko salah perhitungan."

Baca juga: Taiwan Meyakini China Kerahkan Kapal dan Pesawat Tempur untuk Simulasi Penyerangan

"Mereka juga bertentangan dengan tujuan lama kami untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, yang diharapkan dunia," ujar Juru Bicara Gedung Putih, yang dikutip Reuters.

Nancy Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam, di tengah peringatan keras yang diberikan China. Pelosi mengatakan kunjungannya tersebut menunjukkan komitmen AS untuk mendukung demokrasi Taiwan.

Baca juga: Imbas Kunjungan Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi, Akankah Terjadi Perang di Selat Taiwan?

Tidak lama setelah Pelosi meninggalkan Jepang, pemberhentian terakhir dari tur kunjungannya ke Asia, pada Jumat (5/8/2022) lalu, China mengumumkan mereka menghentikan pembicaraan dengan AS dalam beberapa bidang.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas