Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pentolan Pink Floyd Beri Alasan Mengapa Sebut Joe Biden Penjahat Perang

Pentolan grup rock Pink Floyd Roger Waters melabeli Presiden AS Joe Biden sebagai penjahat perang dalam konteks perang Rusia-Ukraina.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pentolan Pink Floyd Beri Alasan Mengapa Sebut Joe Biden Penjahat Perang
Russia Today
Roger Waters, pendiri kelompok musik Pink Floyd dan aktivis antiperang dan aktivis kemanusiaan global. 

TRIBUNNEWS.COM, ATLANTA – Legenda rock dan pentolan grup musik Pink Floyd, Roger Waters, menjelaskan mengapa ia melabeli Presiden AS Joe Biden sebagai penjahat perang.

Label itu disematkan Roger Waters  di layer raksasa saat ia konser tunggal “This Is Not A Drill” di Amerika pekan ini. Selain Biden, Waters juga mengecam Presiden Trump.

Waters muncul di wawancara stasiun televisi CNN, yang rekamannya ditayangkan Sabtu (6/8/2022) waktu Amerika Serikat.

Baca juga: Bukti-bukti Tunjukkan Ukraina Membom Pusat Tawanan Azov di Donbass

Baca juga: AS Siapkan Paket Bantuan Senjata Senilai Rp14,9 Triliun untuk Ukraina

Baca juga: Amnesti Internasional : Pasukan Kiev Bahayakan Penduduk Sipil Ukraina




Secara khusus Waters menjelaskan alasan mengapa ia memilih tema tur dan anjuran kepada penggemar terkait pandangan politiknya.

Ia diwawancarai pembawa acara CNN, Michael Smerconish. Kepada pewawancara, Waters menjelaskan sikap politiknya tidak berubah sejak era 50an.

Pria kelahiran 1943 itu sejak lama dikenal aktivis anti-perang. Kepada Smerconish yang usianya jauh di bawah dia, Waters menjelaskan Biden melakukan kejahatan besar karena memicu konflik di Ukraina.

“(Joe Biden) memicu perang di Ukraina. Itu kejahatan besar. Mengapa Amerika Serikat tidak mendorong (Presiden Ukraina Vladimir) Zelensky bernegosiasi, meniadakan perang yang mengerikan dan mengerikan ini, yang membunuh (orang)?” tanya Waters.

BERITA TERKAIT

Smerconish mencoba menentang pendapat Roger Waters, menandaskan Ukraina diserang oleh Rusia. Waters mengingatkan Smerconish agar melihat krisis dalam konteks sejarah.

“Anda perlu melihat sejarahnya. Perang ini pada dasarnya tentang aksi dan reaksi NATO yang mendorong sampai ke perbatasan Rusia, yang mereka janjikan tidak akan mereka lakukan,” kata Waters.

Ia lantas menjelaskan, komitmen itu merupakan pembicaraan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev dan para pemimpin barat saat Moskow menarik pasukannya dari Eropa Timur.

Waters menyinggung peristiwa awal 2008 di pertemuan puncak NATO di Bukares saat Ukraina dan Georgia dijanjikan akan diproses menjadi anggota penuh aliansi militer Eropa dan Atlantik Utara itu.

Wawancara itu berlangsung sengit saat pentolan Pink Floyd kelahiran Inggris dan Smerconish terlibat adu argumentasi atas peran Amerika dalam Perang Dunia II.

Waters bersikeras AS tidak dapat menyebut dirinya pembebas, sembari mengatakan Washington memasuki perang Eropa hanya karena serangan Jepang di Pearl Harbor pada akhir 1941.

Namun, wartawan CNN itu terus menyangkal, mengatakan AS akan bergabung ke perang Eropa terlepas dari faktor Pearl Harbour atau bukan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas