Tribun

Israel Serang Jalur Gaza

Israel dan Palestina Kembali Memanas, 44 Korban Jiwa di Palestina serta Puluhan Warga Israel Terluka

Israel dan Palestina kembali memanas, total 44 korban jiwa di Palestina dan puluhan warga Israel terluka. Konflik diakhiri dengan gencatan senjata.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Israel dan Palestina Kembali Memanas, 44 Korban Jiwa di Palestina serta Puluhan Warga Israel Terluka
AFP/ASHRAF AMRA
Sebuah bola api meletus sebagai akibat dari serangan udara Israel di sebuah bangunan di Kota Gaza pada 6 Agustus 2022. - Israel menyerang Gaza dengan serangan udara dan kelompok militan Jihad Islam Palestina membalas dengan rentetan tembakan roket, dalam eskalasi terburuk di wilayah tersebut. kekerasan sejak perang tahun lalu. Israel mengatakan pihaknya terpaksa meluncurkan operasi "pre-emptive" terhadap Jihad Islam, bersikeras bahwa kelompok itu merencanakan serangan segera menyusul ketegangan berhari-hari di sepanjang perbatasan Gaza. (Photo by ASHRAF AMRA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Konflik Israel dan Palestina kembali memanas setelah serangan udara Israel menewaskan Khaled Mansour, seorang komandan senior kelompok bersenjata Palestina Jihad Islam, Minggu (7/8/2022).

Khaled Mansour meninggal di tengah konflik lintas perbatasan yang meningkat.

Ia memimpin operasi Jihad Islam yang didukung Iran di Jalur Gaza selatan, terjadi sehari setelah serangan Israel lainnya menewaskan komandan kelompok itu di utara.

Pada 7 Agustus 2022, sirene roket berbunyi dan ledakan terdengar di sebelah barat Yerusalem, Minggu (7/8/2022), dikutip dari New York Times.

Sirene itu menunjukkan kemungkinan serangan roket Palestina dan intersepsi udara Israel pada hari ketiga serangan Israel di Jalur Gaza.

Konflik ini dimulai pada Jumat (5/8/2022) sore ketika Israel melancarkan serangan udara untuk menggagalkan aksi yang mereka duga sebagai serangan yang akan terjadi di Gaza untuk melumpuhkan bagian selatan Israel dan menghancurkan tempat tinggal serta pangkalan militan di Gaza.

Baca juga: Israel Buka Kembali Perbatasan di Gaza Menyusul Gencatan Senjata dengan Palestina

44 Korban Meninggal dari Palestina dan Puluhan Warga Israel Terluka

Total 44 warga Palestina, termasuk 15 anak-anak, meninggal dalam pertempuran itu, menurut pejabat kesehatan Palestina.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan 311 warga sipil juga terluka sejak Jumat.

Sementara dari pihak Israel, tercatat puluhan orang Israel terluka ringan saat berlari mencari perlindungan dari roket Palestina, dan beberapa terluka oleh pecahan peluru.

Sebuah roket yang tidak meledak jatuh di daerah perumahan Ashkelon, sebuah kota Israel selatan.

Seorang wanita Palestina dan putrinya di rumah mereka yang rusak dalam serangan udara Israel pada Minggu (7/8/2022). [Mohammed Salem/Reuters]
Seorang wanita Palestina dan putrinya di rumah mereka yang rusak dalam serangan udara Israel pada Minggu (7/8/2022). [Mohammed Salem/Reuters] (Al Jazeera)

Baca juga: Israel Klaim Perisai Udara Iron Dome Sukses Gagalkan 97 Persen Serangan Roket Palestina

Konflik Israel dan Palestina Semakin Memanas

Dinamika sentral dari konflik Israel-Palestina tetap ada, termasuk blokade Gaza selama 15 tahun.

Serangan tiga hari tersebut membuat kedua belah pihak semakin jauh dari kemungkinan negosiasi damai.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas