Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Departemen Kehakiman AS Rilis Surat Pernyataan Penggeledahan Resor Trump

Departemen Kehakiman AS merilis pernyataan tertulis terkait penggeledahan resor mewah Donald Trump, Mar-a-Lago, Flrorida awal bulan ini.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Departemen Kehakiman AS Rilis Surat Pernyataan Penggeledahan Resor Trump
AFP/STRINGER
Mantan Presiden AS Donald Trump mengacungkan tinjunya saat berjalan ke sebuah kendaraan di luar Trump Tower di New York City pada 10 Agustus 2022. - Lebih jauh, Departemen Kehakiman AS merilis pernyataan tertulis terkait penggeledahan resor mewah Donald Trump, Mar-a-Lago, Flrorida awal bulan ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) merilis pernyataan tertulis terkait penggeledahan resor mewah Donald Trump, Mar-a-Lago, Florida awal bulan ini.

Dokumen tersebut mengonfirmasi bahwa Amerika Serikat sedang menyelidiki dugaan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh mantan presiden.

Dikutip Al Jazeera, dokumen yang disunting yang dirilis pada Jumat (26/8/2022) memberikan lebih banyak wawasan tentang bukti yang membuat FBI melakukan pencarian yang belum pernah terjadi sebelumnya di perkebunan Trump di Mar-a-Lago pada 8 Agustus.

“Pemerintah sedang melakukan penyelidikan kriminal mengenai penghapusan dan penyimpanan informasi rahasia yang tidak semestinya di ruang yang tidak sah, serta penyembunyian atau penghapusan catatan pemerintah yang melanggar hukum,” bunyi pernyataan tertulis setebal 38 halaman, yang sebagian besar disamarkan.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa Administrasi Arsip dan Catatan Nasional AS (NARA) telah menerima 15 kotak dokumen dari kantor Trump pada Januari.

“Penyelidikan FBI telah menetapkan bahwa dokumen yang memuat tanda klasifikasi, yang tampaknya berisi Informasi Pertahanan Nasional (NDI), termasuk di antara materi tersebut,” bunyinya.

Baca juga: Trump Disebut Akui Simpan Dokumen Resmi di Resor Mewah Mar-a-Lago Florida secara Ilegal

Pernyataan tertulis menambahkan bahwa Departemen Kehakiman percaya "dokumen tambahan yang berisi NDI rahasia atau yang merupakan catatan Presiden yang tunduk pada persyaratan penyimpanan catatan saat ini tetap ada" di rumah Trump.

BERITA TERKAIT

"Ada juga kemungkinan alasan untuk percaya bahwa bukti penghalang akan ditemukan," katanya, menggambarkan materi itu sebagai "dimiliki secara ilegal".

Departemen Kehakiman telah menentang pelepasan affidavit tersebut, dengan alasan bahwa  sangat mungkin untuk mengkompromikan langkah-langkah investigasi di masa depan dan identitas para saksi.

Tetapi media telah meminta dokumen itu dipublikasikan, dengan alasan “kepentingan publik sepenuhnya”.

Hakim Magistrate AS Bruce Reinhart mengatakan pekan lalu bahwa dia yakin "ada bagian dari surat pernyataan yang bisa dibuka segelnya" dan memerintahkan Departemen Kehakiman untuk menyerahkan versi yang telah disunting untuk ditinjau.

Kritikan dari Partai Republik

Pencarian Mar-a-Lago memicu badai kritik Partai Republik terhadap FBI dan Departemen Kehakiman, dengan beberapa anggota parlemen GOP menuduh pemerintahan Biden tanpa bukti menyelidiki Trump karena alasan politik.

Baca juga: Trump Pertimbangkan Rilis Rekaman CCTV Penggeledahan FBI di Resor Mewahnya Mar-a-Lago

Setelah pernyataan tertulis yang disunting, Trump kembali menegur penggeledahan di rumahnya, menyebutnya sebagai “dalih hubungan masyarakat total” oleh FBI dan Departemen Kehakiman.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas