Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Imbau WNI di Iran Tidak Ikut Demo Atas Kematian Mahsa Amini

WNI yang berada di Iran diimbau tidak terlibat dalam demonstrasi atas kematian Mahsa Amini

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pemerintah Imbau WNI di Iran Tidak Ikut Demo Atas Kematian Mahsa Amini
OZAN KOSE / AFP
Seorang pengunjuk rasa memegang potret Mahsa Amini selama demonstrasi mendukung Amini, seorang wanita muda Iran yang meninggal setelah ditangkap di Teheran oleh polisi moral Republik Islam, di jalan Istiklal di Istanbul pada 20 September 2022. Amini (22) saat itu melakukan kunjungan bersama keluarganya ke ibukota Iran ketika dia ditahan pada 13 September oleh unit polisi yang bertanggung jawab untuk menegakkan aturan berpakaian ketat Iran untuk wanita, termasuk mengenakan jilbab di depan umum. Amini dinyatakan meninggal pada 16 September oleh televisi pemerintah setelah menghabiskan tiga hari dalam keadaan koma. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mengimbau warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Iran untuk tidak terlibat dalam demonstrasi atas kematian Mahsa Amini (22). 

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI), Judha Nugraha mengatakan agar WNI tidak ikut terlibat atas kegiatan politik lokal yang ada di Iran.

"KBRI Teheran menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ada di wilayah Iran untuk tetap waspada, berhati-hati, tidak ikut serta dalam kegiatan politik lokal yang ada disana," kata Judha pada press briefing Kemlu RI, Jumat (7/10/2022) secara virtual.

Judha mengatakan KBRI Teheran terus memantau kondisi Iran seiring berlanjutnya protes atas kematian Mahsa Amini yang meninggal beberapa hari setelah polisi moral Iran menahannya pada September 2022, karena diduga melanggar aturan ketat berpakaian untuk wanita di negara itu.

Baca juga: Penyebab Kematian Mahsa Amini yang Jadi Pemicu Gelombang Protes di Iran hingga Tewaskan 50 Orang

Judha memastikan sampai saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban dari beragam aksi demonstrasi tersebut.

Jumlah WNI yang ada di Iran sebanyak 397 yang tersebar di 14 kota dengan mayoritas adalah mahasiswa.

BERITA TERKAIT

Judha juga meminta WNI untuk segera menghubungi KBRI jika menemui kendala atau berada dalam situasi darurat.

"KBRI Teheran terus memantau dan menjalin komunikasi dengan seluruh WNI kita. Saat ini tidak ada WNI kita yang menjadi korban dari beragam aksi demonstrasi tersebut," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas