Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Baru Sebulan Dilantik, Perdana Menteri Inggris Liz Truss Terancam Digulingkan Parlemen

Anggota parlemen Konservatif dilaporkan akan menggulingkan Perdana Menteri Inggris Liz Truss yang baru dilantik pada September lalu.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Baru Sebulan Dilantik, Perdana Menteri Inggris Liz Truss Terancam Digulingkan Parlemen
AFP/DANIEL LEAL
Pemimpin Partai Konservatif baru dan perdana menteri yang akan datang Liz Truss bereaksi ketika dia tiba di Markas Besar Partai Konservatif di pusat kota London setelah diumumkan sebagai pemenang kontes kepemimpinan Partai Konservatif di sebuah acara di pusat kota London pada 5 September 2022. - Truss adalah orang ketiga di Inggris perdana menteri wanita setelah Theresa May dan Margaret Thatcher. Wanita berusia 47 tahun itu secara konsisten menikmati dukungan luar biasa atas Sunak yang berusia 42 tahun dalam polling dari sekitar 200.000 anggota Tory yang memenuhi syarat untuk memilih. - Anggota parlemen Konservatif dilaporkan akan menggulingkan Perdana Menteri Inggris Liz Truss yang baru dilantik pada September lalu. (Photo by Daniel LEAL / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota parlemen Inggris dilaporkan akan mencoba menggulingkan Perdana Menteri Liz Truss pekan ini meskipun ada peringatan keras dari Downing Street karena hal itu akan memicu pemilihan umum.

Kabar mengenai rencana untuk menggulingkan PM Liz Truss yang baru dilantik ini dilaporkan oleh media Inggris, Daily Mail, lapor Reuters

Lebih dari 100 anggota parlemen (MPs) dari Partai Konservatif siap mengajukan surat tidak percaya terhadap Liz Truss kepada Graham Brady, ketua komite Partai Konservatif  yang menyelenggarakan kontes kepemimpinan.

Dalam laporannya itu, Daily Mail mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Inggris telah kehilangan tiga perdana menteri sejak meninggalkan Uni Eropa pada tahun 2016.

Anggota parlemen dilaporkan akan mendesak Brady untuk mengatakan kepada PM Truss bahwa kepemimpinannya telah selesai.

Pemimpin Partai Konservatif baru dan perdana menteri yang akan datang Liz Truss tersenyum dan melambai ketika dia tiba di Markas Besar Partai Konservatif di London tengah setelah diumumkan sebagai pemenang kontes kepemimpinan Partai Konservatif di sebuah acara di London pusat pada 5 September 2022. - Truss adalah Perdana menteri wanita ketiga Inggris setelah Theresa May dan Margaret Thatcher. Wanita berusia 47 tahun itu secara konsisten menikmati dukungan luar biasa atas Sunak yang berusia 42 tahun dalam polling dari sekitar 200.000 anggota Tory yang memenuhi syarat untuk memilih.
 (Photo by Daniel LEAL / AFP)
Pemimpin Partai Konservatif baru dan perdana menteri yang akan datang Liz Truss tersenyum dan melambai ketika dia tiba di Markas Besar Partai Konservatif di London tengah setelah diumumkan sebagai pemenang kontes kepemimpinan Partai Konservatif di sebuah acara di London pusat pada 5 September 2022. - Truss adalah Perdana menteri wanita ketiga Inggris setelah Theresa May dan Margaret Thatcher. Wanita berusia 47 tahun itu secara konsisten menikmati dukungan luar biasa atas Sunak yang berusia 42 tahun dalam polling dari sekitar 200.000 anggota Tory yang memenuhi syarat untuk memilih. - Anggota parlemen Konservatif dilaporkan akan mendepak Perdana Menteri Inggris Liz Truss yang baru dilantik pada September lalu. (Photo by Daniel LEAL / AFP) (AFP/DANIEL LEAL)

Baca juga: Pangkas Krisis Inggris, Perdana Menteri Liz Truss Naikkan Pajak Korporasi Tahun Depan

Masih menurut laporan Daily Mail, anggota parlemen juga disebut akan mendesak Brady untuk mengubah aturan partai politik agar memungkinkan mosi percaya langsung pada kepemimpinan Truss.

BERITA TERKAIT

Namun Graham Brady dikatakan menolak langkah tersebut.

Ia beralasan PM Truss, bersama dengan Menteri Keuangan Jeremy Hunt yang baru diangkat, layak mendapat kesempatan untuk menetapkan strategi ekonomi dalam anggaran pada 31 Oktober.

Secara terpisah, The Times melaporkan bahwa beberapa anggota parlemen telah mengadakan diskusi rahasia untuk mengganti Truss dengan pemimpin baru.

Truss memenangkan kepemimpinan Partai Konservatif bulan lalu setelah berjanji untuk memangkas pajak.

Kini ia berjuang untuk kelangsungan hidup politiknya setelah membuang bagian-bagian penting dari program tersebut.

Kekacauan telah memicu ketidakpuasan di partai, yang tertinggal di belakang oposisi Partai Buruh dalam jajak pendapat.

Tekanan tidak hanya datang dari anggota parlemen Konservatif, tetapi juga sekutunya yang memperingatkan bahwa dia hanya memiliki kesempatan yang singkat untuk memperbaiki program pemerintahannya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas