Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Korea Selatan Umumkan Masa Berkabung Nasional atas Tragedi Halloween Itaewon

Presiden Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional sampai 5 November dan memerintahkan penurunan bendera atas tragedi Halloween Itaewon.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah
zoom-in Presiden Korea Selatan Umumkan Masa Berkabung Nasional atas Tragedi Halloween Itaewon
AFP/JUNG YEON-JE
Polisi berjaga di lokasi pesta Halloween, yang menewaskan sedikitnya 151 orang, di distrik Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. - Presiden Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional sampai 5 November dan memerintahkan penurunan bendera atas tragedi Halloween Itaewon. (Photo by Jung Yeon-je / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional dan memerintahkan penurunan bendera pada Minggu (30/10/2022) setelah tragedi Halloween di Itaewon, Seoul pada Sabtu (29/10/2022).

Dikutip dari laman CNN, Senin (31/10/2022), Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korsel pada hari Minggu mengatakan bahwa korban tewas naik menjadi 154 orang.

Yoon menyampaikan belasungkawanya atas tragedi Itaewon melalui siaran langsung dari Kantor Kepresidenan pada Minggu (30/10/2022).

"Ini benar-benar mengerikan," kata Yoon, dikutip dari Yonhap.

"Tragedi dan bencana hari Sabtu seharusnya tidak pernah terjadi," ungkap Yoon.

"Sebagai Presiden, yang bertanggung jawab atas kehidupan dan keselamatan rakyat, hati saya berat dan saya berjuang untuk mengatasi kesedihan saya," katanya.

Baca juga: POPULER Internasional: Fakta Tragedi Itaewon | China Perketat Lockdown

"Pemerintah akan menetapkan mulai hari ini hingga kecelakaan dapat dikendalikan sebagai periode masa berkabung nasional dan akan menempatkan prioritas utama dalam urusan administrasi dalam pemulihan dan tindakan lanjutan," tegasnya.

BERITA TERKAIT

Masa berkabung mulai 30 Oktober-5 November 2022

Perdana Menteri Han Duck-soo kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa masa berkabung akan berlangsung dari Minggu (30/10/2022) sampai Sabtu (5/11/2022) atas instruksi Yoon.

Pemerintah mendirikan altar berkabung di pusat kota Seoul untuk memungkinkan orang memberikan penghormatan kepada para korban.

Santunan bantuan dari pemerintah

Han berbicara setelah pertemuan tanggapan pemerintah yang dipimpin oleh Yoon, mengatakan mereka yang terluka dan keluarga korban juga akan menerima bantuan keuangan sesuai dengan penunjukan Bangsal Yongsan sebagai zona bencana khusus.

Baca juga: Australia Konfirmasi Seorang Warganya Jadi Korban Tragedi Halloween Itaewon Korsel

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional buntut dari tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul yang menewaskan hingga 151 orang pada Sabtu (29/10/2022). Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat dan kantor pemerintahan Korea Selatan untuk mengibarkan bendera setengah tiang.
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional buntut dari tragedi pesta Halloween di Itaewon, Seoul yang menewaskan hingga 151 orang pada Sabtu (29/10/2022). Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat dan kantor pemerintahan Korea Selatan untuk mengibarkan bendera setengah tiang. (Yonhap News)

Selama masa berkabung, semua pegawai negeri wajib memakai pita berkabung.

Yoon menyatakan belasungkawa atas kematian dan berharap pemulihan yang cepat untuk yang terluka.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas