Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jack Smith Selidiki Peran Donald Trump di Kerusuhan Capitol, hingga soal Dokumen Rahasia di Rumahnya

Ahli kejahatan perang Jack Smith akan selidiki peran Donald Trump di kerusuhan Capitol 2021 dan dokumen rahasia di rumahnya yang disita FBI.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Jack Smith Selidiki Peran Donald Trump di Kerusuhan Capitol, hingga soal Dokumen Rahasia di Rumahnya
AFP/STRINGER
Mantan Presiden AS Donald Trump mengacungkan tinjunya saat berjalan ke sebuah kendaraan di luar Trump Tower di New York City pada 10 Agustus 2022. (Photo by STRINGER / AFP) - Ahli kejahatan perang Jack Smith akan selidiki peran Donald Trump di kerusuhan Capitol 2021 dan dokumen rahasia di rumahnya yang disita FBI. 

TRIBUNNEWS.COM - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) akan menyelidiki peran mantan Presiden AS Donald Trump dalam kerusuhan Capitol dan dokumen sangat rahasia di rumahnya.

Jaksa Agung AS Merrick Garland menunjuk Jack Smith sebagai penasihat khusus untuk penyelidikan kriminal terhadap Donald Trump, pada Sabtu (19/11/2022).

Jack Smith adalah mantan jaksa penuntut dan seorang ahli kejahatan perang.

Ia akan menyelidiki dugaan peran Donald Trump dalam kerusuhan Capitol 6 Januari 2021.

Jack Smith juga akan memimpin penyelidikan Donald Trump saat menangani dokumen rahasia selama masa jabatannya di Oval Office.

Baca juga: Ivanka Trump Tolak Terlibat Politik pasca Donald Trump Umumkan Maju Pilpres Amerika Serikat 2024

Sesuai laporan, Jack Smith akan memutuskan apakah Donald Trump akan menghadapi tuntutan pidana atas setiap kejahatan yang dia temukan.

Namun, Jaksa Agung Garland akan tetap mengawasi pekerjaan Jack Smith, dikutip dari Republic World.

BERITA TERKAIT

Rencana itu terjadi hanya tiga hari setelah Donald Trump mengumumkan pencalonannya sebagai Presiden pada pemilu AS tahun 2024.

Jaksa Agung AS Merrick Garland mengatakan alasannya menunjuk jaksa khusus dalam kasus luar biasa, karena ini adalah kepentingan umum.

Jack Smith akan bertugas mengelola penyelidikan dan penuntutan secara mandiri.

“Berdasarkan perkembangan terakhir, termasuk pengumuman mantan Presiden bahwa dia adalah calon Presiden dalam pemilihan berikutnya, dan niat Presiden yang sedang menjabat untuk menjadi calon juga, saya telah menyimpulkan bahwa adalah kepentingan publik untuk menunjuk seorang pejabat khusus. nasihat,” kata Jaksa Agung Merrick Garland.

Menurutnya, penyelidikan terhadap Donald Trump akan memberikan kepercayaan publik.

Baca juga: Mantan Presiden Donald Trump Bersiap Calonkan Diri di Pilpres AS 2024

Tanggapan Donald Trump

Mantan Presiden Donald Trump berbicara selama konferensi pers yang mengumumkan gugatan terhadap perusahaan teknologi besar di Trump National Golf Club Bedminster pada 07 Juli 2021 di Bedminster, New Jersey.
Mantan Presiden Donald Trump berbicara selama konferensi pers yang mengumumkan gugatan terhadap perusahaan teknologi besar di Trump National Golf Club Bedminster pada 07 Juli 2021 di Bedminster, New Jersey. (Michael M. Santiago/Getty Images/AFP)

Di sisi lain, Donald Trump mempertahankan ketidakbersalahannya dan membantah melakukan kesalahan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas