Tribun

Teknologi Luar Angkasa

China Pecahkan Rekor Terbanyak Punya Taikonut di Stasiun Luar Angkasa

China memecahkan rekor terbanyak menempatkan taikonutnya di siastiun luar angkasa Tianhe dalam waktu bersamaan di satu lokasi.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in China Pecahkan Rekor Terbanyak Punya Taikonut di Stasiun Luar Angkasa
Global Times
MELUNCUR - Roket raksasa Long March 5B milik Badan Antariksa China menerbangkan modul Wentian yang akan disatukan ke stasiun antariksa Tianhe. Peluncuran dilakukan dari stasiun darat Hainan di Cina selatan, Minggu (24/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Enam taikonaut China menorehkan rekor sejarah di luar angkasa, setelah mereka bersama-sama berkumpul di China Space Station Tianhe.

Keberadaan mereka di satu tempat bersama-sama mencatatkan dalam sejarah sebagai populasi terbesar manusia yang di luar angkasa

Pertemuan ke-6 taikonut itu terjadi Rabu (30/11/2022) pagi waktu Tianhe. China kini telah melampaui AS dan Rusia dalam hal memiliki populasi terbesar di luar angkasa.

Membawa tiga taikonaut, pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou-15 diluncurkan pada Selasa (29/11/2022) malam.

Pesawat itu lalu melakukan pertemuan otomatis cepat dan berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa China di pelabuhan depan modul inti Tianhe pada pukul 05.42 hari berikutnya.

Baca juga: China Luncurkan 3 Astronot ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Jalani Misi 6 Bulan

Baca juga: Badan Antariksa Cina Sukses Luncurkan Modul Wentian ke Luar Angkasa

Pada Rabu pukul 07.33, anggota kru Shenzhou-14 yang telah tinggal dan bekerja di luar angkasa selama enam bulan, membuka pintu.

Mereka yang tadinya menonton siaran langsung peluncuran Shenzhou-15 dari bumi pada Selasa malam, membuka pintu dan menyambut rekan kru Shenzhou-15 mereka .

"Selamat datang, selamat datang ... Anda akhirnya di sini," kata komandan misi Shenzhou-14 Chen Dong, menerima komandan Shenzhou-15 Fei Junlong dengan salam hangat dan pelukan, menunjukkan rekaman langsung oleh China Central Television (CCTV).

Keenam taikonaut dari dua misi tersebut kemudian mengambil foto kelompok bersejarah untuk memperingati pertemuan antariksa mereka di modul inti Tianhe.

Selanjutnya, kedua kru akan melakukan penyerahan langsung pertama Stasiun Luar Angkasa China di orbit, dan mereka akan tinggal dan bekerja bersama di stasiun luar angkasa selama sekitar lima hari.

Juga menandai yang pertama dalam sejarah kedirgantaraan China, stasiun ruang angkasa telah mencapai kombinasi besar dari enam bagian - tiga modul permanen dan tiga pesawat ruang angkasa.

Massa total kombinasi telah mendekati 100 ton, yang merupakan struktur terbesar dari kombinasi Stasiun Luar Angkasa China hingga saat ini.

Itu juga pertama kalinya dua pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou berlabuh dengan modul inti Tianhe pada saat yang sama.

Rendering 3D Stasiun Luar Angkasa China, atau Stasiun Luar Angkasa Tiangong, saat telah dibangun sepenuhnya. Tianhe akan menjadi tempat tinggal utama bagi tiga awak kapal. Shenzhou adalah pesawat luar angkasa yang akan berlabuh di stasiun dengan awaknya. Tianzhou adalah pesawat ruang angkasa pengangkut kargo.
Rendering 3D Stasiun Luar Angkasa China, atau Stasiun Luar Angkasa Tiangong, saat telah dibangun sepenuhnya. Tianhe akan menjadi tempat tinggal utama bagi tiga awak kapal. Shenzhou adalah pesawat luar angkasa yang akan berlabuh di stasiun dengan awaknya. Tianzhou adalah pesawat ruang angkasa pengangkut kargo. (Wikimedia Commons)

Pengembang pesawat ruang angkasa, China Academy of Spacecraft Technology (CAST), menerangkan hal ini kepada media Global Times di Beijing.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas