Tribun

Ketika Putri Kim Jong Un yang Baru Berusia 10 Tahun Pimpin Gelombang Fashion di Korea Utara

Ju-ae diyakini mengikuti jejak ibunya dalam hal bagaimana ia mempengaruhi wanita di negara itu untuk mengisi lemari pakaian mereka dengan gaun modis.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Ketika Putri Kim Jong Un yang Baru Berusia 10 Tahun Pimpin Gelombang Fashion di Korea Utara
STR/KCNA VIA KNS/AFP
Gambar ini diambil pada 18 November 2022 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 19 November 2022 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) berjalan dengan putrinya, Kim Ju-ae saat dia memeriksa rudal balistik antarbenua (ICBM) baru) "Hwasong Gun 17", menjelang peluncurannya di Bandara Internasional Pyongyang. Kim Ju-ae diyakini mengikuti jejak ibunya dalam hal bagaimana ia mempengaruhi wanita di negara itu untuk mengisi lemari pakaian mereka dengan gaun modis. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG - Sejak berminggu-minggu lalu, saat Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menampilkan putrinya yang berusia 10 tahun, Kim Ju-ae ke dunia secara terbuka untuk kali pertama, gaya fesyennya telah terbukti langsung menjadi hit di negara itu.

Rodong Sinmun, sebuah organisasi dari Partai Buruh Korea yang berkuasa, menerbitkan foto-foto wanita Korut tampak mengenakan padding jacket berwarna putih dan pink yang 'serupa' dengan yang sebelumnya dikenakan oleh putri Kim.

Outfit musim dingin itu dikenakan Ju-ae saat ia dan ayahnya memeriksa peluncuran rudal balistik antar benua pada Kamis lalu.

Menurut seorang Peneliti di Korea Institute for National Unification di Seoul, Joung Eun-lee, Ju-ae diyakini mengikuti jejak ibunya, Ri Sol-ju, dalam hal bagaimana ia mempengaruhi wanita di negara itu untuk mengisi lemari pakaian mereka dengan gaun modis.

Baca juga: Jadi Putri Kebanggaan Korut, Kim Jong Un Kembali Ajak Sang Anak Tengok Peluncuran Senjata Nuklir

Ini setelah Sol-ju terlihat mengenakan pakaian serupa saat menemani suaminya.

Surat kabar itu juga menyoroti pentingnya berpakaian 'indah' dan 'beragam', sesuai dengan musim dengan karakteristik yang berbeda.

Ini tentunya akan menambah semangat dan emosi dalam kehidupan warga Korut.

Dikutip dari laman www.koreaherald.com, Sabtu (3/12/2022), anak berusia 10 tahun itu menata dirinya seperti ibunya saat ia memeriksa tempat pengujian bersama ayahnya.

Sama seperti Sol-ju, Ju-ae difoto secara bergantian mengenakan outer berbulu putih dan hitam, berdiri di samping ayahnya, ini mengingatkan pada gaya busana ibunya pada 2010-an.

Sol-ju menanamkan gelombang perubahan baru setelah difoto mengenakan dress gaya Barat modern, termasuk rok pendek dengan sepatu hak tinggi sambil membawa handbag dari brand kelas atas seperti Christian Dior, di negara yang menerapkan 'aturan berpakaian kaku itu'.

Sementara itu pada akhir Oktober lalu, Korut telah mengadakan Pameran Pakaian Wanita 2022 untuk menargetkan wanita berusia 30-an dan 40-an tahun.

Dalam pameran tersebut, turut dipamerkan busana seperti padding jacket dan mantel bulu.

Selain memamerkan busana modern berkualitas, pameran ini juga menyoroti proses teknologi desain pembuatannya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas