Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Isyaratkan Beri Lebih Banyak Stimulus untuk 2023 di Tengah Pelonggaran Pembatasan Covid-19

Ekonom dan investor pun harus berjuang dengan kurangnya data yang dapat diandalkan tentang situasi Covid yang memburuk

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in China Isyaratkan Beri Lebih Banyak Stimulus untuk 2023 di Tengah Pelonggaran Pembatasan Covid-19
AFP/KEVIN LAMARQUE
Presiden China Xi Jinping 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Ketika para pemimpin China berkumpul bulan ini untuk menetapkan agenda ekonomi tahun depan, mereka kemungkinan akan memetakan lebih banyak langkah stimulus, bersemangat untuk mendukung pertumbuhan dan meredakan gangguan yang disebabkan oleh berakhirnya pembatasan Covid-19.

Dalam sesi tiga hari tertutup di Konferensi Kerja Ekonomi Pusat tahunan, Presiden Xi Jinping dan pejabat tinggi lainnya diperkirakan akan membahas target pertumbuhan yang sangat diantisipasi, perluasan belanja fiskal untuk infrastruktur dan program lainnya, serta potensi pelonggaran moneter lebih lanjut.

Baca juga: Pasukan India dan China Bentrok di Perbatasan, Insiden Pertama dalam 2 Tahun

Mereka menghadapi tantangan yang menakutkan seperti pelonggaran pembatasan ketat terkait Covid-19 yang baru-baru ini menyebabkan lonjakan infeksi, diperumit oleh pengiriman pesan yang tidak konsisten dan sistem perawatan kesehatan yang rapuh.

Adapun, konferensi itu tidak memiliki jadwal yang diumumkan secara publik, tetapi harus diadakan pada akhir tahun untuk menetapkan kebijakan di tahun depan. Itu telah diharapkan secara luas untuk bersidang sebelum akhir minggu ini.

Ekonom dan investor pun harus berjuang dengan kurangnya data yang dapat diandalkan tentang situasi Covid yang memburuk di China agar mendapat kejelasan terkait prospek ekonomi.

"Kita harus meningkatkan permintaan domestik, konsumsi dan investasi, dan kita perlu menstabilkan sektor properti," kata Zong Liang, kepala penelitian di Bank of China.

BERITA TERKAIT

Dikutip dari Reuters, perekonomian China tumbuh hanya 3 persen dalam tiga kuartal pertama tahun ini dan diperkirakan akan bertahan di tingkat tersebut selama setahun penuh, jauh di bawah target resmi sekitar 5,5 persen.

Baca juga: Pasien di China Serbu Rumah Sakit Setelah Kebijakan Nol-COVID Dilonggarkan

Pertumbuhan telah tertekan oleh pembatasan terkait Covid yang menyebabkan seringnya penguncian dan mengganggu produksi serta mengurangi belanja konsumen, memperparah efek dari krisis sektor properti yang terus-menerus di China dan melemahnya ekonomi global yang membuat aktivitas ekspor tertatih-tatih.

Sementara itu, pemerintah kemungkinan akan mempertahankan target inflasi tahunannya di angka 3 persen untuk tahun depan.

Meskipun target ekonomi utama diharapkan akan disetujui pada pertemuan tersebut, tetapi hasilnya tidak akan diumumkan secara terbuka sampai pertemuan parlemen tahunan China mendatang, yang biasanya diadakan pada Maret.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas