Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Buntut Gempa M 7,9 yang Guncang Turki, Kemlu RI: 2 WNI Alami Luka, Tidak Ada Korban Jiwa

Kemlu RI menyebut ada 2 WNI mengalami luka akibat gempa bermagnitudo 7,9 di Turki pada Senin (6/2/2023). Beruntung, tidak ada korban jiwa WNI.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Buntut Gempa M 7,9 yang Guncang Turki, Kemlu RI: 2 WNI Alami Luka, Tidak Ada Korban Jiwa
Mahmut BOZARSLAN / AFPTV / AFP
Dalam rekaman video dari AFP TV yang diambil pada 6 Februari 2023, tim penyelamat mencari korban gempa berkekuatan 7,8 yang melanda Diyarbakir, Turki tenggara, meratakan bangunan di beberapa kota dan menyebabkan kerusakan di negara tetangga Suriah. Kemlu RI menyebut ada 2 WNI mengalami luka akibat gempa bermagnitudo 7,9 di Turki pada Senin (6/2/2023). Beruntung, tidak ada korban jiwa WNI. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia (RI) menyebut ada dua warga negara Indonesia (WNI) mengalami luka akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,9 yang mengguncang Turki pada Senin (6/2/2023).

Selain itu, hingga saat ini, Kemlu melalui KBRI Ankara menyebut tidak ada WNI yang menjadi korban jiwa.

Berdasarkan rilis dari juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizayah, dua WNI yang mengalami luka telah dirujuk ke rumah sakit terdekat.




"Dua orang WNI mengalami luka, masing-masing di Kahramanmaras dan Hatay, dan saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat," demikian bunyi rilis tersebut.

"Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia," lanjutnya.

Baca juga: Gempa M 7,8 di Turki-Suriah, Lebih dari 100 Orang Tewas

KBRI Ankara, dalam laporannya, juga mengungkapkan sejumlah WNI yang berada di Provinsi Kahramanmaras, Turki, harus meninggalkan tempat tinggal mereka lantaran mengalami kerusakan parah.

"KBRI Ankara sedang mengupayakan rumah penampungan sementasra sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat," seperti tertulis dalam rilis.

BERITA TERKAIT

Hingga kini, KBRI Ankara tengah berkoordinasi dengan otoritas lokal di daerah terdampak gempa, Satgas Perlindungan WNI dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) untuk mencari WNI yang terdampak.

Di sisi lain, KBRI Ankara menyebut Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, telah memberitahu Gubernur Kahramanmaras bahwa tim SAR telah dikerahkan untuk melakukan evakuasi.

Sementara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Turki, Suleyman Soylu, mengungkapkan prioritas utama untuk saat ini adalah penyelamatan korban.

"Mendagri Suleyman Soylu sampaikan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat masyarakat yang terdampak," tulis rilis tersebut.

Menurut KBRI Ankara, total korban jiwa gempa Turki hingga saat ini mencapai 51 korban jiwa.

"Ratusan luka-luka, sejumlah bangunan yang runtuh dan rusak berat akibat ketiga gempa," ujarnya.

Bagi masyarakat Indonesia yang memiliki keluarga atau sanak saudara yang tinggal di Turki, KBRI menyediakan layanan hotline dengan nomor +90 532 135 22 98.

Dalam rekaman video dari AFP TV yang diambil pada 6 Februari 2023, tim penyelamat mencari korban gempa berkekuatan 7,8 yang melanda Diyarbakir, Turki tenggara, meratakan bangunan di beberapa kota dan menyebabkan kerusakan di negara tetangga Suriah.
Dalam rekaman video dari AFP TV yang diambil pada 6 Februari 2023, tim penyelamat mencari korban gempa berkekuatan 7,8 yang melanda Diyarbakir, Turki tenggara, meratakan bangunan di beberapa kota dan menyebabkan kerusakan di negara tetangga Suriah. (Mahmut BOZARSLAN / AFPTV / AFP)

Baca juga: Lebih dari 50 Orang Tewas Usai Gempa Bumi M 7,9 Mengguncang Turki Selatan

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas