Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amerika Serikat Umumkan Paket Bantuan 100 Juta Dolar untuk Korban Gempa Turki

Sejumlah negara lain juga memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah seperti Aljazair, China, Kroasia dan Austria.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Amerika Serikat Umumkan Paket Bantuan 100 Juta Dolar untuk Korban Gempa Turki
AFP/ADEM ALTAN
Tim penyelamat dan warga sipil mencari korban selamat di bawah puing-puing bangunan yang runtuh di Kahramanmaras, dekat pusat gempa, sehari setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda tenggara negara itu, pada 7 Februari 2023. - Tim penyelamat di Turki dan Suriah menghadapi cuaca dingin, gempa susulan dan bangunan yang runtuh, saat mereka menggali korban selamat yang terkubur oleh gempa bumi yang menewaskan lebih dari 5.000 orang. Beberapa kehancuran terparah terjadi di dekat pusat gempa antara Kahramanmaras dan Gaziantep, sebuah kota berpenduduk dua juta jiwa di mana seluruh blok sekarang menjadi reruntuhan di bawah salju yang menumpuk. (Photo by Adem ALTAN / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Pemerintah Amerika Serikat telah mengumumkan paket bantuan sebesar 100 juta dolar AS untuk membantu evakuasi korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

“Kami bangga bergabung dengan upaya global untuk membantu Turki seperti halnya Turki yang sering menyumbangkan ahli penyelamat kemanusiaannya sendiri ke begitu banyak negara lain di masa lalu,” kata Ned Price, juru bicara Departemen Luar Negeri AS.




Dikutip dari Straits Times, pengumuman itu muncul setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu untuk membahas kebutuhan orang-orang di Turki yang terdampak gempa bumi.

Sebelumnya AS telah mengirim tim penyelamat ke Turki dan menyumbangkan alat pemecah beton, generator, sistem pemurnian air, hingga helikopter untuk membantu evakuasi dan pencarian korban gempa.

Di sisi lain, Ned Price mengatakan bantuan untuk Suriah akan disalurkan melalui mitra lokal karena Amerika Serikat menolak untuk berurusan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sejumlah negara lain juga telah memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

BERITA TERKAIT

1. Aljazair

Aljazair mengirim tim perlindungan sipil beranggotakan 89 orang ke Turki. Kemudian satu tim beranggotakan 85 orang ke Suriah untuk membantu upaya penyelamatan.

Selain itu, ada juga bantuan kemanusiaan sebesar 210 ton makanan untuk kedua negara.

2. Austria

Austria telah menawarkan untuk mengirim 84 tentara dari unit bantuan bencana militer ke Turki.

Baca juga: Tim SAR Singapura Kerahkan 48 Personel Tambahan untuk Evakuasi Korban Gempa di Turki

3. China

China akan memberikan tahap pertama 40 juta yuan dalam bentuk bantuan darurat untuk Turki setelah gempa.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas