Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani Kritik Lambatnya Bantuan untuk Korban Gempa Suriah

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani kecewa atas terlambatnya pengiriman bantuan kepada korban gempa bumi di Suriah.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani Kritik Lambatnya Bantuan untuk Korban Gempa Suriah
Techly360.com
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani mengecam lambatnya pengiriman bantuan untuk korban gempa Suriah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, DOHA – Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani kecewa atas terlambatnya pengiriman bantuan kepada korban gempa bumi di Suriah.

Dia juga mengecam penyalahgunaan bantuan kemanusiaan untuk tujuan politik.

Qatar termasuk di antara beberapa negara yang mendukung pemberontak dalam perang saudara di Suriah, yang telah berlangsung sejak 2011, dan sebelumnya menentang upaya beberapa negara untuk menormalisasi hubungan dengan Damaskus.

Berbicara pada pembukaan konferensi Negara Terbelakang PBB di ibu kota Qatar, Doha pada Minggu (5/3/2023), Sheikh Tamim menekankan perlunya membantu warga Suriah “tanpa ragu-ragu” dan mendukung upaya Turki untuk pulih dari gempa bumi.

“Pertemuan kami berlangsung, sementara saudara-saudara kami di Turki dan Suriah masih menderita akibat dampak gempa besar yang menimpa mereka dan berdampak pada jutaan orang,” kata Sheikh Tamim.

“Saya menekankan perlunya memberikan uluran tangan tanpa ragu kepada saudara-saudara di Suriah. Mengeksploitasi tragedi kemanusiaan untuk tujuan politik tidak dapat diterima. Tidak ada cara untuk membangun dunia baru yang lebih aman, lebih adil, dan lebih bebas untuk hari ini dan besok kecuali melalui jalan solidaritas manusia internasional,” imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Seperti diketahui, lebih dari 45.000 orang tewas akibat gempa di Turki sementara hampir 6.000 kematian telah dilaporkan di Suriah.

Wilayah barat laut yang dikuasai oleh pemberontak yang berperang dengan Presiden Bashar al-Assad adalah yang paling parah terkena dampaknya.

Baca juga: Gempa Turki-Suriah, Qatar Kirim 400 Kabin Portabel Piala Dunia ke Ankara

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyerukan agar akses diberikan oleh semua pihak di Suriah, yang telah dihancurkan oleh perang saudara selama bertahun-tahun untuk meningkatkan pengiriman bantuan.

Baca juga: Emir Qatar, Sheikh Tamim Kritik Bantuan Korban Gempa Suriah yang

PBB juga memperkirakan sekitar 8,8 juta orang di Suriah telah terdampak bencana gempa bumi M7,8 yang mengguncang awal Februari lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas