Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Putrinya Saksikan Peluncuran ICBM Hwasong-17

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya menyaksikan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 dari Bandara Internasional Pyongyang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Putrinya Saksikan Peluncuran ICBM Hwasong-17
STR/KCNA VIA KNS/AFP
Gambar ini diambil pada 16 Maret 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 17 Maret, menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menyaksikan ICBM Hwasong-17 dari Bandara Internasional Pyongyang. Korea Utara mengatakan, proyektil yang ditembakkan pada 16 Maret adalah rudal balistik yang dikenal Hwasong-17, lapor kantor berita negara KCNA. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un didampingi putrinya, secara pribadi mengawasi uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Kamis (16/3/2023).

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan, peluncuran kemarin menandai kedua kalinya Pyongyang meluncurkan ICBM tahun ini.

KCNA menambahkan bahwa ICBM, yang dikonfirmasi sebagai Hwasong-17 ditembakkan sebagai tanggapan atas latihan militer gabungan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel).

Foto-foto yang dibagikan surat kabar resmi Rodong Sinnum, kata France24, menunjukkan Kim menyaksikan Hwasong-17 - yang dijuluki rudal monster - meluncur ke langit.

Beberapa gambar menampilkan potret Kim bersama sang putri menonton peluncuran di Bandara Internasional Pyongyang.

Sampai sekarang belum ada media pemerintah memuat nama putri Kim yang kerap mendampingi pemimpin tertinggi itu menyaksikan serangkaian uji coba rudal.

Baca juga: Korea Utara Kembali Luncurkan 2 Rudal Balistik Saat Amerika dan Korsel Sedang Latihan Gabungan

Gambar ini diambil pada 16 Maret 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 17 Maret menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menyaksikan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 dari Pyongyang Bandara Internasional. Korea Utara mengatakan proyektil yang ditembakkan pada 16 Maret adalah rudal balistik antarbenua yang dikenal sebagai Hwasong-17, lapor kantor berita negara KCNA.
Gambar ini diambil pada 16 Maret 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 17 Maret menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menyaksikan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 dari Pyongyang Bandara Internasional. Korea Utara mengatakan proyektil yang ditembakkan pada 16 Maret adalah rudal balistik antarbenua yang dikenal sebagai Hwasong-17, lapor kantor berita negara KCNA. (STR/KCNA VIA KNS/AFP)

Namun, intelijen Seoul mengidentifikasi bahwa gadis itu merupakan anak kedua Kim, Ju Ae.

BERITA REKOMENDASI

Media negara juga merilis gambar yang menunjukkan Bumi dari luar angkasa, konon diambil oleh kamera yang dipasang di ICBM.

Kesiapan perang unit ICBM

KCNA mengatakan peluncuran itu "mengonfirmasi kesiapan perang unit ICBM", menambahkan bahwa peluncuran itu "tidak berdampak negatif pada keamanan" negara-negara tetangga.

Korea Selatan sebelumnya mengatakan, rudal itu ditembakkan pada lintasan tinggi -- ke atas bukannya keluar, biasanya dilakukan untuk menghindari negara tetangga yang terbang terlalu tinggi.

Tahun lalu, Korea Utara menyatakan dirinya sebagai kekuatan nuklir yang "tidak dapat diubah", dan Kim baru-baru ini menyerukan peningkatan "eksponensial" dalam produksi senjata, termasuk nuklir taktis.

Baca juga: Korea Utara Kembali Gelar Uji Coba Rudal, Kali Ini Luncurkan 2 Rudal Balistik Jarak pendek

Mengawasi peluncuran hari Kamis, Kim mengatakan Korea Utara akan "bereaksi terhadap senjata nuklir dengan nuklir" dan menyerukan "meningkatkan pencegahan perang nuklir", menurut KCNA.

Dia juga menyoroti "sikap tanggap cepat negara itu... untuk mengatasi setiap konflik bersenjata dan perang", kata KCNA.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas