Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penjualan Supermarket Besar Jepang Februari Turun Pertama Kali Dalam 8 Bulan Terakhir

Penjualan supermarket di Jepang bulan Februari 2023 mengalami penurunan 2%, pertama kali penurunan dalam 8 bulan terakhir ini.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Penjualan Supermarket Besar Jepang Februari Turun Pertama Kali Dalam 8 Bulan Terakhir
Richard Susilo
Suasana supermarket besar Jepang Life di Tokyo 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Penjualan supermarket di Jepang bulan Februari 2023 mengalami penurunan 2 persen, pertama kali penurunan dalam 8 bulan terakhir ini.

"Penjualan di supermarket besar nasional pada bulan Februari mencapai 1,036 triliun yen, turun 2% dari bulan yang sama tahun sebelumnya," ungkap sumber Tribunnews.com Kamis (23/3/2023).

 Apabila dibandingkan dengan toko-toko yang ada, menandai penurunan pertama dalam delapan bulan.

Ketika harga pangan terus naik, konsumen menjadi lebih hemat, sangat ketat memilih barang, dan penjualan lesu.

Menurut Asosiasi Ritel Jepang, penjualan pakaian dan kosmetik meningkat dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, sebagian karena peningkatan kesempatan untuk keluar.

Meskipun demikian untuk produk makanan  yang menyumbang sekitar 70% dari total, melebihi tahun sebelumnya, malahan mengalami penurunan 1,7% dari bulan yang sama, sangat memengaruhi penjualan secara keseluruhan.

BERITA REKOMENDASI

Asosiasi Toko Ritel Jepang, yang melakukan survei, mengatakan, "Jumlah barang yang dibeli pelanggan pada satu waktu menurun, dan tidak mungkin lagi menutupi penjualan dengan kenaikan harga produk.

Saat ini, kecenderungan untuk menahan diri dari membeli lebih selektif menjadi lebih kuat, dan situasinya menjadi semakin sulit bagi penjual."

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz  Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas