Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Minta PBB Cegah Rusia yang akan Sebar Senjata Nuklir di Belarus

Ukraina meminta PBB untuk mencegah Rusia yang akan menyebar senjata nuklir di Belarus. Rusia mengatakan NATO dan sekutu juga melakukan hal yang sama.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Ukraina Minta PBB Cegah Rusia yang akan Sebar Senjata Nuklir di Belarus
President of Russia/KremlinRussia_E
Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarus Alexander Grigoryevich Lukashenko di St. Petersburg, Rusia, pada 30 Desember 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Ukraina mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan pertemuan luar biasa terkait rencana Rusia untuk menyebarkan senjata nuklir taktisnya di Belarus.

"Ukraina mengharapkan Inggris, China, Amerika Serikat, dan Prancis mengambil tindakan efektif untuk melawan ancaman nuklir dari Kremlin," katanya.

"Untuk tujuan ini, kami menuntut Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan luar biasa," lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, atas permintaan Belarusia, Rusia akan mengerahkan senjata nuklir taktisnya di Belarusia.

Vladimir Putin mengatakan langkah itu dipicu oleh keputusan Inggris untuk memberi Ukraina amunisi yang mengandung depleted uranium.

"Alexander Grigoryevich Lukashenko telah lama mengajukan pertanyaan tentang pengerahan senjata nuklir taktis Rusia di wilayah Belarusia," kata Vladimir Putin, pada Sabtu (25/3/2023), dikutip dari Euro News.

Baca juga: Balas Kiriman Uranium Inggris ke Ukraina, Rusia akan Tempatkan Senjata Nuklir di Belarus  

"Tidak ada yang aneh di sini juga. Pertama, Amerika Serikat telah melakukan ini selama beberapa dekade. Mereka telah lama menempatkan senjata nuklir taktis mereka di wilayah negara sekutu mereka, negara NATO di Eropa," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Sepuluh pesawat yang mampu membawa persenjataan, yang dirancang untuk digunakan di medan perang, dilaporkan telah dipindahkan ke Belarus.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Konferensi Parlemen Internasional #RussiaAfrica di Dunia Multipolar pada 19-20 Maret 2023.
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Konferensi Parlemen Internasional #RussiaAfrica di Dunia Multipolar pada 19-20 Maret 2023. (Kementerian Luar Negeri Rusia/MFA Russia)

Baca juga: Kekurangan Senjata, Ukraina Tunda Serangan Ofensif ke Rusia di Garis Depan

NATO Lakukan Hal yang Sama

Tindakan ini seperti apa yang telah lama dilakukan Amerika Serikat di wilayah negara-negara sekutunya di NATO.

Pejabat NATO menolak persamaan itu dan mengatakan kebijakan mereka telah diatur.

"Rujukan Rusia untuk pembagian nuklir NATO benar-benar menyesatkan," kata juru bicara Oana Lungescu di Twitter, dikutip dari Wall Street Journal.

"Negara-negara NATO bertindak sejalan dengan komitmen internasional mereka, sementara Rusia secara konsisten melanggar komitmen kontrol senjatanya,” lanjutnya.

Rusia telah mentransfer sistem Iskander ke Belarus yang dapat menggunakan senjata nuklir.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas